Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Sumbar Pulangkan Pengungsi Wamena Asal Sumbar Hari Ini

Kompas.com - 06/10/2019, 12:41 WIB
Perdana Putra,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 70 pengungsi Wamena asal Sumatera Barat (Sumbar) dipulangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, hari Minggu (6/10/2019) ini.

Mereka diterbangkan dari Makassar menuju Padang, Ibu Kota Sumbar, dengan menggunakan pesawat dalam empat gelombang kedatangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Gelombang pertama datang pada pukul 13.40 WIB dengan jumlah 21 orang. Gelombang kedua pukul 14.55 WIB dengan jumlah 10 orang. Gelombang ketiga pukul 17.10 WIB berjumlah 28 orang, dan gelombang terakhir berjumlah 11 orang pukul 19.45 WIB.

"Hari ini ada 70 orang pengungsi Wamena asal Sumbar yang diberangkatkan dari Makassar ke Padang. Mereka dibagi dalam empat gelombang kedatangan di BIM," ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Minggu (6/10/2019).

Baca juga: 139 Pengungsi Wamena asal Sumbar Tiba di Makassar

Nasrul menjelaskan, sebanyak 70 pengungsi Wamena asal Sumbar itu semula diberangkatkan dari Jayapura, Papua, dengan Kapal Laut KM Ceremai pada 1 Oktober 2019.

Karena ada pengungsi yang sakit, mereka diturunkan di Makassar, Sabtu kemarin. Mereka lalu dipulangkan dengan pesawat dari Makassar ke Padang pada hari ini.

"Totalnya mereka yang di Makassar ada 139 orang. Namun karena persoalan tiket, sementara baru bisa 70 orang dipulangkan hari ini. Sisanya segera menyusul," kata Nasrul Abit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com