Kampung Akuarium Bakal Dibangun Jadi Kawasan Wisata Budaya

Kompas.com - 09/10/2019, 12:59 WIB
Anak-anak bermain di kanal di kawasan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (17/1/2018). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan hunian sementara atau shelter untuk warga Kampung Akuarium, Jakarta Utara segera dibangun. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOAnak-anak bermain di kanal di kawasan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (17/1/2018). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan hunian sementara atau shelter untuk warga Kampung Akuarium, Jakarta Utara segera dibangun.
Penulis Nursita Sari
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membangun kawasan wisata budaya dan sejarah di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara.

Pemprov DKI diketahui menemukan benteng peninggalan zaman Belanda yang tenggelam di dekat permukiman warga yang digusur pada era Gubernur Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok).

Anies berujar, Kampung Akuarium nantinya akan menjadi satu kawasan wisata yang sama dengan Kota Tua.

"Nanti tempat ini benar-benar menjadi semacam kawasan wisata budaya sejarah, dari mulai Masjid Luar Batang, Pelabuhan Sunda Kelapa, kemudian Kampung Akuarium, terus ke bawah sampai ke Kota Tua," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (9/10/2019).

Anies memastikan Pemprov DKI Jakarta akan memerhatikan temuan cagar budaya di Kampung Akuarium saat membangun kawasan tersebut.

Baca juga: Riwayat Kampung Akuarium, Digusur Ahok, Kini Akan Dibangun Ulang Anies

Pemprov DKI nantinya akan meminta pendapat ahli cagar budaya untuk menata kawasan tersebut.

"Semua ketentuan mengenai cagar budaya, kita akan ikuti. Jadi, dalam perencanaannya pun, kita mendengarkan warga, mendengarkan pakar cagar budaya," kata Anies.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI akan membangun kembali Kampung Akuarium pada 2020.

Kampung Akuarium akan dibangun dengan konsep rumah berlapis, yakni permukiman yang dibangun secara vertikal, namun maksimal hanya memiliki empat lantai.

"Benar (dibangun pada 2020), jumlahnya 142 unit, tipe 27 meter persegi," ujar Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Triyanto, Selasa (8/10/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X