Jokowi Bertemu Prabowo, Surya Paloh Pastikan Nasdem Tetap di Dalam Koalisi

Kompas.com - 12/10/2019, 14:33 WIB
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (Kiri) di RSPAD Gatot Subroto, Sabtu (12/10/2019). KOMPAS.com/CYNTHIA LOVAKetua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh (Kiri) di RSPAD Gatot Subroto, Sabtu (12/10/2019).
Penulis Cynthia Lova
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menanggapi peluang bergabungnya Partai Gerindra ke koalisi partai politik pendukung pemerintahan.

Surya Paloh menyatakan, bergabungnya Partai Gerindra tak menjadi masalah bagi Nasdem sendiri. Bahkan, ia memastikan kalau Nasdem konstisten mendukung pemerintah.

Ia menilai bergabungnya koalisi Gerindra dengan partai politik pendukung pemerintah merupakan hak prerogatifnya Presiden Joko Widodo.

“Itu hak prerogatif presiden. Presiden anggap itu perlu dalam kepemimpinanya, silakan. Kan presiden yang menentukan. Beliau (Presiden Jokowi) memiliki hak prerogratif dalam menyusun kabinetnya. Nasdem harus konsisten,” ujar Surya, di RSPAD Gatot Subroto, Sabtu (12/10/2019).


Baca juga: Jokowi dan Prabowo Bahas Bergabungnya Gerindra ke Koalisi, tapi...

Ia mengatakan, Nasdem menyerahkan seluruhnya ke Jokowi terkait gabungnya Partai Gerindra ke parpol pendukung pemerintahan.

Surya juga menyinggung dukungan Gerindra untuk bergabung ke koalisi partai pendukung pemerintah yang bersyarat.

“Iya menyerahkan semua (ke Jokowi). Kalau tidak ada inkonstitensi, katanya mau dukung tanpa syarat, belum berapa lama sudah berubah pakai syarat,” ucap Surya.

Ia pun tak mempermasalahkan, jika anggota partainya tak ada di dalam susunan kabinet kepemerintahan Jokowi.

“Tidak ada masalah bagi Nasdem. Ada di kabinet boleh tidak ada di kabinet juga tidak apa-apa. Tapi dukungan pada Jokowi jalan,” tuturnya.

Baca juga: Usai Bertemu Jokowi, Prabowo Tak Masalah Gerindra di Luar Pemerintahan, tetapi...

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu di Istana Negara.

Salah satu topik yang dibahas Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto adalah kemungkinan bergabungnya Partai Gerindra ke koalisi partai politik pendukung pemerintahan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X