Penjahit Langganan Ahok Ungkap Mantan Gubernur DKI Jakarta Itu Bertambah Gemuk

Kompas.com - 17/10/2019, 10:01 WIB
Rusman pemilik Feng Sin Tailor, penjahit pakaian para pejabat, termasuk pakaian presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Uno KartikaRusman pemilik Feng Sin Tailor, penjahit pakaian para pejabat, termasuk pakaian presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.
Penulis Cynthia Lova
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Feng Sin Tailor sudah lama dikenal sebagai tempat jahit langganan keluarga Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama.

Penjahit sekaligus pemilik Feng Sin Tailor, Rusman bercerita, sejak kecil pria yang akrab disapa Ahok sudah menjadi pelanggannya. Sebab, ayah Ahok, mendiang Indra Tjahaja Purnama, kerap memesan pakaian kepada Rusman sejak 1989.

“Dulu si Ahok suka dibawa ayahnya kalau mau jahit. Ya akhirnya sampai dia sudah berkeluarga pun Ahok masih pelanggan saya,” ujar Rusman di Feng Sin Tailor, Gunung Sahari, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019).

Baca juga: Rusman Jadi Penjahit Langganan Jokowi Sejak Dikenalkan Ahok

Rusman mengatakan, Ahok memang rutin memesan celana, kemeja, baju batik, dan jas. Bahkan, saat Ahok berada di dalam jeruji penjara pun ia tetap memesan pakaian kepada Rusman.

Pada November 2018 lalu, misalnya, Rusman berangkat ke Mako Brimob untuk mengukur tubuh Ahok guna menggarap jas yang dipesan kepadanya.

Meski penasaran jas itu untuk apa, Rusman tak banyak bertanya pada Ahok.

“Dia tidak bilang apa-apa kalau tentang pribadi gitu, yang penting tugas saya mengukur (tubuh),” ucap Rusman.

Saat mengukur, Rusman mengaku kaget lantaran ukuran jas yang dikenakan Ahok bertambah. Sebab, kata dia, mantan bupati Belitung Timur periode 2005-2006 itu mengalami kenaikan berat badan selama di dalam penjara.

Rusman mengungkap ukuran jas Ahok lebih lebar 3 centimeter saat itu.

Baca juga: Cerita Penjahit Langganan, Jokowi Kini Memilih Model “Slim Fit”

“Dia suruh saya ngukur baju, terus pas saya lihat memang tambah gemuk. Nah ukuran bajunya pun tambah lebar 2 sampai 3 centimeter ya,” katanya.

Setelah itu, jas yang dibuatnya pun selesai saat Ahok keluar dari penjara.

“Setelah informasi Ahok keluar penjara langsung saya kirimkan ke rumahnya menggunakan kurir,” katanya.

Sejak saat itu, Rusman mengatakan, ia selalu mengirim celana bahkan kemeja yang seukuran tubuh Ahok yang diukurnya saat di penjara.

“Setelah itu Ahok langsung mengirimkan ukuran yang sesuai dengan ukuran yang terakhir diukur saat di penjara,” ujarnya.

Baca juga: Kisah Para Penjahit Keliling Mencari Rupiah di Perumahan Elite Meruya...

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X