Dua Universitas di Jakarta Selatan Wajibkan Tes Urine bagi Mahasiwa Baru

Kompas.com - 23/10/2019, 14:59 WIB
Kampus Universitas Nasional KOMPAS.COM/ANASTASIA AULIAKampus Universitas Nasional
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional dan Universitas Al Azhar, dua kampus di Jakarta Selatan, bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional ( BNN) Provinsi DKI untuk menekan angka pengunaan narkoba.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi DKI Jakarta Brigjen Tagam Sinaga di hotel Manhattan di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

Dalam kesempatan wawancara Tagam mengatakan, dua kampus tersebut mewajibkan calon mahasiswanya melakukan tes urine sebelum mereka bergabung dengan kampus.


Baca juga: Hasil Tes Urine, Artis Rio Reifan Positif Pakai Sabu

"Selain tes urine, mahasiswa barunya diwajibkan membuat SKBN (surat keterangan bersih narkoba)," ujar Tagam.

Selain dua kampus tersebut,  BNN) Provinsi DKI juga menggandeng beberapa puskesmas di Jakarta. Kerja sama dengan puskemas dilakukan BNN Provinsi DKI agar pecandu narkoba dapat menjalani rehabilitasi dengan mudah.

"Kami bekerja sama dengan 32 puskesmas yang ada di Jakarta untuk melaksanakan rehabilitasi. Kalau Dinas Sosial, di situ ada beberapa yayasan yang bisa menampung (pecandu narkoba)," tambah dia.

Dia berharap dengan kerja sama antara instansi tersebut, angka penggunan narkoba dan penderita HIV/AIDS dapat berkurang, terutama di kalangan mahasiswa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X