Jadi Saksi, Dokter RSKO Sebut Nunung Depresi dan Sakit Gula Sebelum Direhabilitasi

Kompas.com - 23/10/2019, 18:37 WIB
Nunung dan July Jan Sambiran jalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019) KOMPAS.COM/WALDA MARISONNunung dan July Jan Sambiran jalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dokter Herny Taruli Tambunan hari ini bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam kasus penggunaan narkoba dengan terdakwa Tri Retno Prayudati alias Nunung dan suaminya July Jan Sambiran, Rabu (23/10/2019).

Dalam keteranganya di muka sidang, Herny mengatakan Nunung sempat mengalami depresi berat dan tekanan gula yang tinggi sebelum dirawat di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Awalnya, salah satu hakim bertanya terkait penyakit tersebut.


"Ada masalah fisik dan psikolgis itu bisa dijelaskan bagimana?" tanya majelis hakim.

"Pada dasarnya sebelum datang ke RSKO, Mbak Nunung sudah dirawat selama tiga tahun oleh psikiaternya di Jakarta. Kemungkinan besar Mbak Nunung alami gangguan kejiwaan seperti depresi dan cemas seperti serangan serangan panik," kata Herny.

Baca juga: Sempat Ditunda, Saksi Meringankan untuk Nunung Akan Dihadirkan dalam Sidang Hari Ini

Tidak hanya itu, Nunung juga mengalami peningkatan gula darah dan didiagnosis mengidap gula stadium dua.

Maka dari itu, dia sebagai salah satu dokter penanggung jawab memberlakukan perawatan khusus selama rehabilitasi di RSKO.

"Jadi memang spesial program yang kita berlakukan kepada Mbak Nunung mengancu pada kondisi," ucap dia.

Sebelumnya, Nunung dan July Jan Sambiran (JJ) ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu di rumah mereka di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada 19 Juli 2019.

Mereka ditangkap setelah melakukan transaksi sabu dengan tersangka TB.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya satu klip sabu seberat 0,36 gram, dua klip kecil bekas bungkus sabu, dan tiga sedotan plastik untuk menggunakan sabu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X