Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing Siapkan 50 Juta Dollar AS untuk Santuni Korban Lion Air JT-610

Kompas.com - 29/10/2019, 18:13 WIB
Jimmy Ramadhan Azhari,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Boeing selaku produsen pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di Tanjung Karawang pada 29 Oktober 2018 lalu, menyiapkan uang 50 juta dollar AS untuk menyantuni keluarga korban.

Perwakilan Boeing, Ibrahim Senen mengatakan bahwa uang santunan itu diberikan secara sukarela kepada keluarga korban yang mendaftarkan diri untuk menerima santunan tersebut.

"Sifatnya sukarela, tidak ada kewajiban untuk mendatangi hal-hal terkait dengan hal dari keluarga korban," kata Ibrahim, Selasa (29/10/2019).

Jika dihitung berdasar jumlah korban pesawat Boeing 737 Max 8 jurusan Jakarta-Pangkal Pinang, keluarga korban masing-masing akan mendapatkan santunan sebesar 114.500 dollar AS.

Baca juga: Demi Keluarga Korban, Peringatan Setahun Kecelakaan Lion Air JT-610 Tak Bisa Diliput

Ibrahim mengatakan, para keluarga korban bisa mendaftar untuk mendapatkan uang santunan tersebut hingga 31 Desember 2019 nanti.

"Kami akan mengontak seluruh ahli waris. Yang belum dihubungi pihak Boeing, dapat menghubungi kami untuk bekerja sama memasukkan permohonan untuk bantuan langsung dari Boeing tersebut," tutur Ibrahim.

Ia turut menyampaikan, hingga saat ini sudah ada 25 orang ahli waris yang telah menerima santunan tersebut.

Sementara 40 orang ahli waris lainnya dalam proses pemberkasan. Sebab, setiap ahli waris yang mendaftarkan diri sebagai penerima santunan tersebut, proses pencarian dananya didasarkan pada kelengkapan dokumen dan hukum ahli waris.

Untuk diketahui, pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat pada 29 Oktober 2018.

Baca juga: Kenang Setahun Tragedi Lion Air JT-610, Keluarga Korban Tabur Bunga di Perairan Tanjung Karawang

Ada 189 jiwa berada dalam pesawat nahas itu. Mereka terdiri dari 179 penumpang dewasa, 1 penumpang anak, 2 bayi, 2 pilot, serta 5 kru meninggal dunia.

Pesawat dengan nomor penerbangan PK-LQP itu lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Depati Amir pukul 06.20 WIB.

Pesawat itu dijadwalkan tiba di tempat tujuan sekitar pukul 07.20 WIB. Namun, 13 menit setelah mengudara, pesawat jatuh pada pukul 06.33 WIB.

Hari ini, pihak Lion Air bersama dengan keluarga korban memperingati satu tahun jatuhnya pesawat tersebut. Dengan menggunakan kapal KRI Semarang-594 milik TNI AL mereka berangkat ke perairan Tanjung Karawang untuk menaburkan bunga dan mengirimkan doa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com