Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampah Eceng Gondok Sumbat Kali Sunter di Makasar

Kompas.com - 03/11/2019, 17:23 WIB
Dean Pahrevi,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampah eceng gondok menyumbat aliran gorong-gorong di Kali Sunter, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Timur Leo Tantino mengatakan, sampah yang mayoritas eceng gondok itu sudah menyumbat Kali Sunter sejak Sabtu (2/11/2019) pagi.

Diduga sampah itu merupakan kiriman dari hulu Kali Sunter di daerah Depok, Jawa Barat, saat hujan deras pada Jumat (1/11/2019) sore.

"Sampah diperkirakan berasal dari hulunya Kali Sunter yang terbawa arus hujan di hari Jumat sore ke malam itu," kata Leo saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (3/11/2019).

Baca juga: Eceng Gondok Penuhi Hampir 70 Persen Waduk Cirata, Petani Ikan Menjerit

Sebanyak 30 personel UPK Badan Air pun diterjunkan sejak Sabtu pagi untuk mengangkut sampah secara manual. Sebab, medan yang sulit membuat alat berat tidak masuk ke lokasi dan sampah harus diangkut manual.

Hingga Minggu sore, sebanyak 150 meter kubik eceng gondok telah diangkut dari kali.

"Sampah yang mayoritas enceng gondok berhasil ditangani kurang lebih 150 meter kubik atau 12 sampai 13 truk sampah typer kecil," ujar Leo.

Pengangkutan sampah akan kembali dilakukan pada Senin (4/11/2019) pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com