Wisata Horor di Lokasi Tragedi Bintaro Ilegal dan Nyaris Timbulkan Kecelakaan

Kompas.com - 04/11/2019, 21:42 WIB
Tragedi bintaro ISTTragedi bintaro

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyayangkan adanya kegiatan wisata horor bertema Jakarta Mystical Tour pada Jumat (1/11/2019) lalu yang diselenggarakan di lokasi terjadinya tabkaran kereta atau yang dikenal dengan sebutan tragedi Bintaro 1987.

Kegiatan itu, yang selenggarakan Biang Overlander, hampir mencelakakan para peserta tur.

"Hampir menyebabkan kecelakaan kereta api pada saat kegiatan berlangsung," kata Senior Manager PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin.

Eva menegaskan, kegiatan tersebut dilakukan tanpa izin dari PT KAI.


Baca juga: Sejumlah Faktor yang Menyebabkan Tragedi Bintaro Terjadi...

Padahal, kata Eva, area rel yang digunakan sebagai lokasi kegiatan tersebut merupakan jalur aktif dengan lalu lintas kereta yang cukup padat.

"Kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam agenda wisata horror “Jakarta Mystical Tour” sudah melanggar ketentuan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang berlaku, dan membahayakan keselamatan perjalanan kereta api serta mengancam nyawa orang yang berada di sekitarnya," kata dia.

PT KAI telah menghubungi pihak penyelenggara terkait adanya kegiatan tersebut. PT KAI meminta untuk tidak mengadakan wisata di area jalur rel.

"Serta wajib melakukan kordinasi dengan PT KAI terkait seluruh kegiatan yang berhubungan dengan perkeretaapian," ucap Eva.

Eva juga mengimbau masyarakat agar tak melakukan kegiatan di perlintasan kereta api demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakuakan aktivitas di sekitar jalur rel. Mari sama-sama mewujudkan keselamatan perjalanan kereta api, karena ini menjadi tanggung jawab kita bersama," ujar Eva.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X