Kian Mesra dengan Nasdem, Satu Kaki Anies Dinilai "Aman" untuk 2024

Kompas.com - 11/11/2019, 17:22 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai NasDem yang digelar 8-11 November itu mengusung tema Restorasi Untuk Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz Hafidz Mubarak AGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Kongres II Partai NasDem yang digelar 8-11 November itu mengusung tema Restorasi Untuk Indonesia Maju. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz


JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik Ray Rangkuti menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diuntungkan dengan kedekatan dirinya dengan Partai Nasional Demokrat ( Nasdem) belakangan ini.

Keuntungan ini, disebut Ray berkaitan dengan peluang politik Anies pada 2024 mendatang.

"Tentu saja Anies kan enggak bisa nyalon ( Pilpres 2024) tanpa partai. Dengan ada Nasdem, tinggal butuh satu atau dua lagi partai, cukup. Satu kaki Anies sudah aman. Dan saya pikir juga PKS akan ke dia," jelas Ray kepada Kompas.com, Senin (11/11/2019).

Baca juga: Pengamat: Ada Pesan Kuat atas Hadirnya Anies dalam Kongres Partai Nasdem

"Dengan kedekatannya sama Nasdem, artinya sudah ada partai yang mendukung dia (Anies). Sudah pasti kan. Nanti tinggal PKS, PAN, atau Demokrat," imbuh dia.

Ray mengatakan, Anies memang cukup dijagokan untuk Pilpres 2024 di antara nama-nama beken lain. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu cukup punya modal elektabilitas dan popularitas dengan sepak terjangnya hingga kini.

Baca juga: Panggung Nasdem untuk Anies Baswedan dan Agenda 2024

"Ini semua perhitungan rasional bagi Nasdem. Makanya, sangat enjoy mereka memainkan kedekatan dengan Anies," kata Ray.

Anies dan Nasdem sendiri kian blak-blakan soal kedekatan keduanya. Baik Anies maupun Surya Paloh sama-sama tak menampik kedekatan tersebut dan kerapkali mengungkapkan hubungannya yang sudah berjalan sejak lama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X