Mengulik Cikal Bakal Keberadaan Bangunan Belanda di Pinggir Jalan TB Simatupang

Kompas.com - 14/11/2019, 19:32 WIB
Bangunan zaman Belanda di Jalan TB Simatupang-Jalan Raya Condet, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (14/11/2019). KOMPAS.COM/DEAN PAHREVIBangunan zaman Belanda di Jalan TB Simatupang-Jalan Raya Condet, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (14/11/2019).
Penulis Dean Pahrevi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu bahwa Rumah Tanjung Timur--atau dalam bahasa Belanda disebut groeneveld--merupakan cikal bakal nama dari Kelurahan Gedong.

Dikutip dari laman Wikipedia, bangunan yang biasa dikenal Villa Nova itu dibangun pada abad ke-17 oleh tuan tanah asal Belanda bernama Pieter Van De Velde.

Bangunan yang berada di Jalan TB Simatupang-Jalan Raya Condet, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, dahulunya kerap berganti kepemilikan.

Pada masa kemerdekaan, bangunan itu sempat dijadikan markas barisan pelopor yang dipimpin Soekarno.

Kompas.com menelusuri cikal bakal cerita di balik bangunan tersebut dengan mendatangi area bangunan yang kini berdiri di tengah kawasan asrama polisi.

Baca juga: Museum Pendidikan Surabaya Bakal Dilengkap 800 Benda Bersejarah

Endang Subarna (78), pensiunan polisi berpangkat terakhir sersan mayor yang tinggal di asrama polisi tersebut, mengatakan, pada 1962 Kepolisian Republik Indonesia resmi menjadi pemilik bangunan tersebut.

Bangunan dibeli dari pemilik bernama Haji Sarmili yang sebelumnya menjadikan bangunan itu sebagai hotel dan perkantoran.

"Saya masuk sini sebagai polisi tahun 1962, kawasan ini jadi asrama atau mes polisi bisa dibilang. Bangunan itu besar ya mewah, serbaguna, bisa jadi kantor, rumah juga. Bangunannya dua sisi, ada yang menghadap ke depan ada yang ke belakang," kata Endang saat ditemui di lokasi, Kamis (14/11/2019).

Endang menambahkan, selain menjadi asrama polisi, bangunan juga kerap digunakan sebagai tempat latihan Brimob dan pelatihan karyawan Hotel Indonesia.

"Ada lapangannya juga waktu itu, saya kan tinggal di sana. Kadang dijadikan tempat latihan Brimob sama HI, pelatihan karyawan baru Hotel Indonesia waktu itu," ujar Endang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X