Warga Pisangan Timur Resah Tebing Jalan DI Panjaitan Rawan Longsor

Kompas.com - 18/11/2019, 19:06 WIB
Kondisi tebing Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, yang rawan longsor saat hujan deras, Senin (18/11/2019). KOMPAS.COM/DEAN PAHREVIKondisi tebing Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, yang rawan longsor saat hujan deras, Senin (18/11/2019).
Penulis Dean Pahrevi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga RW 01, Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, resah dengan tebing di Jalan DI Panjaitan yang rawan longsor.

Ketua RW 01 Budianto mengatakan, tebing yang rawan longsor itu berpotensi membahayakan pengendara di Jalan Pisangan Lama Barat dan rumah serta ruko yang ada di sekitarnya.

"Kalau hujan deras ini bahaya sekali, air itu langsung mengalir ke bawah semua. Tanah-tanah di tebing bisa langsung ambruk ke bawah ke jalan," kata Budianto di lokasi, Senin (18/11/2019).

Pantauan Kompas.com di lokasi, kondisi tebing hanya dipenuhi tanah yang rawan amblas. Tumpukan karung pasir tertata di sepanjang tebing untuk menahan jika terjadi longsor.

Baca juga: Musim Hujan, Waspadai 10 Wilayah Rawan Longsor di Jakarta

Turap yang berada di ujung tebing sudah retak dan rawan amblas. Sejumlah pohon yang tertanam di tebing juga rawan tumbang karena akar yang hampir tercabut daru tanah.

"Turap itu yang buat PPSU tapi lihat saja tidak akan kuat itu kalau hujan deras. Kemarin pas hujan deras, amblas itu tanah campur air, akhirnya jalan semua lumpur licin bahaya buat pengendara," ujar Budianto.

Indra Utari, anggota LMK (Lembaga Masyarakat Kelurahan) RW 01 mengatakan, sebagian besar warga RW 01 khususnya RT 05 yang berdekatan dengan tebing itu sangat khawatir dengan potensi terjadinya longsor.

"Warga RT 05 ini juga takut khawatir sewaktu-waktu hujan deras bisa bahaya kalau longsor, tidak ada yang tahu," ujar Indra.

Warga berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa segera membangun turap pada tebing untuk mencegah longsor.

"Kita harapnya cepat dibuat turap sepanjang tebing yang kuat. Buat juga saluran air untuk mengalirkan air ke bawah jalan," ujar Indra.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X