Konsep Mirip Stadion Premiere League, Begini Cara JIS Antisipasi Penonton Terjun ke Lapangan

Kompas.com - 21/11/2019, 23:25 WIB
Rancangan Jakarta International Stadium yang segera dibangun di Taman BMW, Jakarta Utara. KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFARRancangan Jakarta International Stadium yang segera dibangun di Taman BMW, Jakarta Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta Internasional Stadium ( JIS) dibangun layaknya stadion-stadion di Liga Inggris, di mana jarak penonton sangat dekat dengan lapangan pertandingan.

Akan tetapi, banyak pertanyaan yang menyebutkan bisakah konsep seperti ini diterapkan di Indonesia di mana angka kerusuhan suporter masih cukup tinggi?

Menjawab pertanyaan tersebut Project Manager JIS Arry Wibowo menyebutkan pihaknya telah menyiapkan langkah khusus untuk mengantisipasi masuknya penonton ke dalam lapangan pertandingan.

"Tribun yang paling bawah itu ada barikade atau barrier yang materialnya ada kita desain," kata Arry kepada Kompas.com di lokasi pembangunan stadion, Kamis (21/11/2019).

Barier itu didesain cukup lebar sehingga akan sulit dilompati penonton ataupun pemain dengan sekali lompatan.

Arry menjelaskan, barier itu nantinya cukup fleksibel sehingga bisa dilipat apabila tidak digunakan.

Baca juga: Kapasitas Jakarta International Stadium 82.000 Penonton

"Itu muter (kesekeliling lapangan) enggak masif kok. Cuma secara psikologi ya safety, jadi kalau mau lompat orang mikir-mikir jadi biar orang enggak langsung terjun ke lapangan," ucap Arry.

Adapun pihaknya sengaja mendesain tribun penonton sedekat mungkin di lapangan sesuai dengan semangat yang ingin disampaikan FIFA untuk menciptakan suasana antara pemain dan penonton.

Pembangunan stadion ini ditargetkan rampung antara bulan Agustus sampai Oktober tahun 2021.

Jakpro membangun stadion itu sesuai dengan standar FIFA.

Dengan demikian, jika suatu saat Indonesia ingin mengajukan diri sebagai tuan rumah piala dunia, JIS sudah siap.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X