Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Lubang Galian di Jalan Ditimbun Karung Pasir, DKI Bilang Itu Boks Utilitas

Kompas.com - 25/11/2019, 14:22 WIB
Nursita Sari,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah video yang menunjukkan beberapa pekerja proyek menimbun lubang galian di salah satu ruas jalan di Jakarta menggunakan karung pasir tersebar di media sosial.

Video itu diunggah di Twitter oleh akun @warsunjt pada Minggu (24/11/2019). 

"Maksudnya apa @DKIJakarta @TMCPoldaMetro @RadioElshinta sudah digali terus ditimbun kembali," bunyi keterangan video itu.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, lubang galian tersebut merupakan boks utilitas (manhole). Video yang viral itu diambil di Jalan Karang Anyar, Jakarta Pusat. Baca juga: Ada Boks Utilitas, Kabel-kabel Tetap Saja Ditempatkan di Saluran Air

Menurut Hari, manhole tersebut memang harus ditimbun karung-karung berisi pasir terlebih dahulu sebelum ditutup.

"Itu manhole utilitas. Memang speknya harus dimasukkan karung pasir sebelum ditutup. Hal tersebut untuk mengantisipasti jika terjadi kecelakaan," kata Hari saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin siang.

Hari menjelaskan, karung-karung pasir itu akan diangkat saat pengerjaan utilitas. Pengerjaan yang dimaksud yakni saat kabel-kabel utilitas yang menggantung di udara dipindahkan ke dalam boks utilitas itu.

"Saat proses pengerjaan utilitas, karung pasir tersebut akan diangkat, setelah itu proses boring subduct. Setelah selesai, karung yang berisi pasir akan dimasukkan ke manhole kembali," kata Hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com