Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipecat Tanpa Teguran, Ratusan Karyawan Restoran D'Cost Akan Demo

Kompas.com - 27/11/2019, 10:54 WIB
Dean Pahrevi,
Jessi Carina

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Serikat Pekerja Restoran Sea Food D'Cost akan berunjuk rasa di Restoran D'Cost VIP, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, besok Kamis (28/11/2019).

Unjuk rasa dilakukan diduga dipicu dari tindakan manajemen restoran yang banyak memutus hubungan kerja karyawan tanpa adanya teguran.

Ketua Serikat Pekerja D'Cost Sulianto mengatakan, karyawan kini juga telah bekerja melebihi jam kerja sesuai ketentuan UU Ketenagakerjaan.

Menurut Sulianto, kebijakan yang merugikan para karyawan itu terjadi usai pergantian manajemen baru perusahaan.

"Dalam dua bulan terakhir, sudah lebih dari 100-an karyawan dipecat dengan tidak hormat. Dan banyak pemberitahuan PHK-nya hanya lewat HP," kata Sulianto dalam keterangannya, Rabu (27/11/2019).

Baca juga: Jelang Penetapan UMK, Serikat Buruh Jateng Demo di Depan Kantor Gubernur

Sulianto menambahkan, unjuk rasa besok adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya, pada Rabu (13/11/2019), serikat pekerja D'cost telah berunjuk rasa dengan persoalan yang sama.

Namun, pertemuan antara serikat pekerja dengan manajemen saat unjuk rasa itu belum menemukan titik temu.

Adapun pada unjuk rasa besok, sekitar 400 pekerja D'Cost baik yang masih aktif atau yang sudah dipecat akan turun berunjuk rasa.

"Demo yang dimulai pukul 09.00 WIB ini mengajukan beberapa tuntutan yaitu: kebebasan membuat Serikat Pekerja, kebijakan PHK harus sesuai UU Ketenagakerjaan; dan jam kerja karyawan harus sesuai UU Ketenagakerjaan," ujar Sulianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com