Odong-odong Masih Boleh Beroperasi di Jalan Lingkungan Warga

Kompas.com - 02/12/2019, 21:31 WIB
Para pemilik sekaligus sopir odong-odong menolak aturan larangan operasional di DKI Jakarta, Jumat (25/10/2019). KOMPAS.COM/DEAN PAHREVIPara pemilik sekaligus sopir odong-odong menolak aturan larangan operasional di DKI Jakarta, Jumat (25/10/2019).
Penulis Dean Pahrevi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah melarang operasional kendaraan bermotor odong-odong.

Larangan itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Perda Nomor 5 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa odong-odong termasuk dalam kategori kendaraan bermotor yang tidak memenuhi teknis dan layak jalan.

Kepala Seksi Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek Dishub DKI Jakarta Reggita Maywidia Sari mengatakan, meski telah dilarang beroperasi, pihaknya masih memberi dispensasi terhadap operasional odong-odong.


Kata dia, odong-odong masih diperbolehkan beroperasi di jalan lingkungan warga atau komplek perumahan.

Baca juga: Pengamat Ungkap Alasan Mengapa Odong-odong Dinilai Bukan Kendaraan yang Layak

"Diberikan kelonggaran atau dispensasi, artinya dia hanya di jalan lingkungan masih diperbolehkan, tetapi hanya di komplek-komplek saja, perkampungan. Tapi dia tidak boleh melintas sampai jalan raya," kata Reggita saat dikonfirmasi, Senin (2/12/2019).

Reggita menambahkan, padahal menurut aturan, odong-odong tidak boleh lagi beroperasi di jalan raya maupun jalan lingkungan.

Kendati demikian, dispensasi diberikan seiring sosialisasi pelarangan operasi berlangsung.

"Sebenarnya kalau menurut aturan memang sudah tidak boleh beroperasi di jalan raya maupun jalan lingkungan yah," ujar Reggita.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X