Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengedar Sabu yang Ditembak Mati Dapat Upah Rp 20 Juta Sekali Transaksi

Kompas.com - 04/12/2019, 19:04 WIB
Dean Pahrevi,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengedar narkoba jenis sabu jaringan Palembang-Jakarta berinisial M, yang ditembak mati polisi di wilayah Jakarta Timur, disebut mendapat upah sebesar Rp 20 juta untuk sekali transaksi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, M mendapat upah uang tersebut dari bandar sabu berinisial A yang kini masih diburu polisi.

"Dari keterangan awal, memang dia mendapat upah skitar Rp 20 juta untuk setiap pengiriman satu kilogram. Bahkan kontrakan untuk M dibayarkan oleh A sekitar Rp 10 juta," kata Yusri di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (4/12/2019).

Berdasarkan penyelidikan polisi, M diketahui telah empat kali lakukan transaksi sabu dalam jumlah besar kepada para pemesan.

Baca juga: Polisi Tembak Mati Pengedar Sabu Berbungkus Kotak Teh China

"M menjual partai besar dilihat dari timbangannya besar dan ukurannya minimal yang dijual 200 gram," kata Yusri.

M dideteksi empat kali transaksi sabu dalam jumlah besar, minimal dalam satu kaki transaksi 5 kilogram.

"Barang bukti yang berhasil disita adalah sisa dari empat kali yang bersangkutan menerima barang dari bandar untuk diedarkan," ujar Yusri.

Adapun M ditangkap polisi saat hendak transaksi di depan Gedung Balai Sudirman, Jakarta Selatan pada Minggu (1/12/2019) lalu. Dari tangan M juga diamankan barang bukti sabu seberat 990 gram yang dibungkus dalam kemasan teh China.

Kemudian polisi juga menggeledah rumah kontrakan M di Jalan Kebon Nanas Selatan I dan mengamankan sabu seberat 2,2 kilogram.

M juga sempat menunjukkan tiga tempat persembunyian A kepada polisi. Namun, A selalu tidak ada di lokasi dan masih diburu hingga kini.

"Di tempat ketiga, M sempat merebut senjata, sempat terjadi perkelahian, dengan prosedur SOP, pelaku M alias A kita lumpuhkan dan tertembak sehingga meninggal dunia," ujar Yusri.

M tewas dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Hingga kini polisi masih memburu A.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com