Cegah PKL Senen Jualan di Bahu Jalan, Satpol PP Berjaga hingga Malam

Kompas.com - 09/12/2019, 15:38 WIB
Kondisi PKL Senen, Jakarta Pusat yang semrawut, Jumat (15/11/2019). KOMPAS.com/CYNTHIA LOVAKondisi PKL Senen, Jakarta Pusat yang semrawut, Jumat (15/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Bernard Tambunan mengatakan, anggota Satpol PP mulai Senin (9/12/2019) ini akan berjaga hingga malam di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Hal itu menyusul penataan kawasan tersebut. Salah satu yang mau ditata yakni PKL Senen. Mereka selama ini berjualan di bahu jalan.

Saat ini tidak diliperbolehkan lagi PKL Senen berjualan di bahu jalan. PKL yang jualan di bahu Jalan Raya Senen diminta pindah ke Pasar Baru Metro Atom.

“Penjagaan dan penataan istilahnya. Sesuai dengan hasil rapat kami di tingkat kota maupun provinsi, kami akan berjaga sampai pukul 22.00 WIB,” kata Bernard di Jalan Raya Senen, Jakarta Pusat, Senin.

Baca juga: Pemkot Jakpus Pastikan Pasar Baru Metro Atom Siap Ditempati PKL Senen

Bernard mengatakan, ada sekitar 600 orang personel gabungan Satpol PP, TNI, dan Polri yang jaga di kawasan tersebut.

“Ya kami akan lakukan terus berjaga selama penataan. Kami ada sekitar 10 pos penjagaan dengan personel dibantu anggota polisi, TNI, dan bantuan lainnya,” kata dia.

Bernard mengatakan, penjagaan di kawasan Senen dilakukan hingga situasi kondusif dan tidak ada lagi pedagang yang jualan bahu jalan di kawasan tersebut.

“Situasional tidak terbatas, sampai semua kondusif pokoknya,” ucapnya.

Ia mengimbau agar para PKL yang biasa berjualan di bahu jalan Senen pindah ke Pasar Baru Metro Atom.

“Bagi yang menolak kami akan tetap imbau sebagaimana relokasi yang kami usulkan, pengaduan juga sudah banyak, pejalan kaki juga sudah protes,” ujar Bernard.

Keberadaan PKL bahu jalan di kawasan itu selama ini mengakibatkan arus lalu lintas tersendat bahkan macet. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X