Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Diajak Jalani Screening HIV AIDS

Kompas.com - 10/12/2019, 16:45 WIB
Singgih Wiryono,
Jessi Carina

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta hari ini melakukan kegiatan screening HIV di Bandara Soekarno-Hatta.

Kepala KKP Bandara Soekarno Hatta, Anas Maaruf mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember lalu.

Anas mengatakan, pengecekan darah atau screening bersifat ajakan untuk para penumpang juga beberapa karyawan yang beraktivitas di Bandara Soekarno Hatta.

"Ini untuk screening HIV AIDS dan screening untuk penyakit tidak menular dalam rangka untuk peringatan Hari Kesehatan Nasional dan Hari AIDS Sedunia," ujar dia saat ditemui di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Selasa (12/10/2019).

Anas mengatakan, screening tersebut dilakukan selama dua hari secara serentak di seluruh terminal Bandara Soekarno Hatta. Tidak hanya itu, kegiatan screening juga gratis untuk semua yang akan melakukan cek darah.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Bandara Soekarno-Hatta Siapkan 14 Pos Kesehatan

"Screening ini terbuka untuk umum, gratis," jelas dia.

Untuk kerahasiaan hasil tes, Anas menjamin hasil dari screening akan diberitahukan kepada orang yang melakukan tes saja.

Seperti pedoman pengecekan positif HIV, orang yang akan melakukan screening didata terlebih dahulu mulai dari alamat hingga nomor ponsel untuk menjaga kerahasiaan hasil tes.

"Termasuk para penumpang yang berasal dari luar daerah," kata dia.

Selain screening HIV/AIDS, KKP juga memberikan fasilitas pengecekan darah untuk penyakit tidak menular. Beberapa di antaranya seperti hipertensi, cek gula darah, dan kolesterol

"Ini adalah screening dini untuk siapa pun terutama berisiko supaya bisa dapat tindakan lebih awal," tutup Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com