7 Alat Medis di RSCM Terendam Banjir, Salah Satunya Alat Canggih Tomoterapi

Kompas.com - 24/02/2020, 14:21 WIB
Direktur RSCM dr Lies Dina Liastuti di RSCM, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020) KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARDirektur RSCM dr Lies Dina Liastuti di RSCM, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh alat medis yang berada di ruang radiologi dan ruang radioterapi Rumah Sakit Cipto Mangunkusmo (RSCM) Jakarta terdampak akibat banjir yang terjadi pada Minggu (23/2/2020) kemarin.

Direktur RSCM dr Lies Dina Liastuti menyebut ketujuh alat tersebut yakni 4 alat penyinaran, 1 CT Simulator, 1 Simulator, dan 1 Tomoterapi.

"Ada 4 yang penyinaran 4, CT simulator 1, simulator 1. Ada 6. Tapi 2 sudah operasional, tinggal 4. Yang tiga tapinya rencananya hari ini saja akan operasionalkan," kata Lies di RSCM Jakarta, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Selain Bapeten, Pihak RSCM dan Kemenkes Turut Periksa Mesin di Ruang Radiologi yang Terendam Air

Untuk satu alat Tomoterapi, Lies memang perlu diperlakukan khusus.

Sebab untuk perbaikan alat Tomoterapi sendiri perlu waktu sekitar satu minggu.

"Prediksi paling lama satu minggu untuk mesin tadi terutama Tomoterapi," kata Lies.

Lies menyebut bahwa alat Tomoterapi ini merupakan alat terapi kanker dengan teknologi tercanggih dan termutahir yang dimiliki RSCM sejak Desember 2016.

Terlebih RSCM merupakan rumah sakit rujukan utama.

"Kami sebagai RS rujukan tertinggi di Indonesia kalau sudah mentok ke mana-mana pasti ke RSCM, jadi bagaimana caranya RSCM tetap jalan kami perlu support," ucap Lies.

Seperti diketahui, pada Minggu (23/2/2020) pagi kemarin ruang radiologi RSCM kebanjiran, banjir terjadi pukul 05.00 WIB dengan ketinggian mencapai 8 sentimeter.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X