Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelang Konstruksi Pelebaran Jembatan Otista di Bogor Dilakukan Maret

Kompas.com - 27/02/2020, 19:06 WIB
Egidius Patnistik

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan lelang konstruksi proyek pelebaran Jembatan Otista di Kota Bogor, pada Maret 2020.

"Kami sudah melakukan lelang untuk konsultan proyek, sedangkan lelang konstruksi pekerjaan pelebaran jembatannya akan dilakukan pada Maret," kata Kepala Dinas PUPR, Chusnul Rozaqi, di Balai Kota Bogor, Kamis (27/2/2020).

Menurut Chusnul, konsultan memerlukan waktu sekitar 60 hari untuk persiapan pekerjaan konstruksi, sehingga dilakukan lelang konsultan lebih dulu.

Baca juga: Pelebaran Jembatan Otista di Bogor Disesuaikan dengan Koridor Trem

Sebelum dilakukan lelang konstruksi, kata dia, Dinas PUPR akan menyelesaikan pembebasan lahan yang akan terkena proyek pelebaran jembatan.

Lahan yang dibebaskan, kata dia, luasnya 625 meter persegi dan berada di dua kelurahan, yakni lima bidang di Kelurahan Babakan Pasar serta tiga bidang di Kelurahan Baranangsiang.

Menurut Chusnul, pembebasan lahan sudah sampai tahap akhir dan sudah dilakukan musyawarah antara penilai dan warga pemilik lahan.

"Sudah dilakukan musyawarah, pada Rabu pekan lalu dan sudah disampaikan harganya oleh tim penilai," katanya.

Chusnul menjelaskan, tim penilai memberikan waktu selama dua pekan kepada warga pemilik lahan, untuk menerima atau mengajukan sanggahan.

"Saat ini masih dalam tahap menunggu warga untuk menerima atau ada yang akan mengajukan sanggahan," katanya.

Soal besaran nilai pembebasannya, menurut Chusnul, itu kewenangan tim penilai untuk menjelaskannya.

"Namun, tim penilai, menentukan besaran harga setelah melakukan pemetaan, kajian dan pertimbangan lainnya," katanya.

Sebelumnya, Chusnul menjelaskan, proyek pelebaran Jembatan Otista di Kota Bogor akan dikerjakan tahun anggaran 2020. Sumber pembiayaan dari APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan dari APBD Kota Bogor.

Menurut dia, dari APBD Provinsi Jawa Barat Rp 40 miliar untuk pembangunan pekerjaan pelebaran konstruksi jembatan, sedangkan dari APBD Kota Bogor Rp20 miliar untuk pembahasan lahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com