Kompas.com - 12/03/2020, 09:33 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Partai Golkar Tangerang Selatan telah memutuskan akan mendukung pasangan Benyamin Davnie dan Pilar Saga dalam Pilkada Tangsel 2020.

Adapun, syarat bagi partai untuk mengusung calon dalam Pilkada Tangsel adalah memiliki 20 persen jumlah kursi di DPRD. Golkar yang memiliki 10 kursi memenuhi syarat itu. Golkar tinggal menunggu rekomendasi dari DPP untuk mengusung Benyamin-Pilar.

Artinya, Golkar tidak perlu berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung calon dalam Pilkada Tangsel 2020.

Meski demikian, pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Zaki Mubarak menilai dukungan dari partai politik lain tetap penting bagi Golkar.

Baca juga: Bisa Usung Calon Sendiri di Pilkada Tangsel, Golkar Dianggap Tak Berminat Ajak Gabung Parpol Lain

Dengan koalisi, Golkar bisa mendulang suara lebih banyak dalam Pilkada Tangsel 2020.

"Sangat penting. Karena antara lain parpol-parpol merupakan mesin politik elektoral dengan jaringan yag dipunyainya bisa membantu mendulang suara saat pilkada," kata Zaki kepada Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

Semakin banyak partai yang bergabung dalam koalisi, mesin partai yang bekerja otomatis semakin banyak.

Menurut Zaki, selain dapat mendulang suara, koalisi juga dinilai dapat menstabilitaskan pemerintahan khususnya di Tangerang Selatan.

Baca juga: Golkar Tangsel Sepakat Dukung Benyamin-Pilar dalam Pilkada 2020

"Dengan mendapatkan dukungan parpol lebih banyak pola hubungan antara eksekutif dengan legislatif (DPRD) lebih stabil. Karena wali kota atau wakil wali kota terpilih berasal dari gabungan parpol dengan kursi mayoritas di DPRD, " ucapnya.

Melihat kemungkinan tersebut, Zaki menilai Golkar Tangsel tidak dapat meperjuangkan pasangan yang didukungnya tanpa koalisi dengan partai lain.

"Jadi secara normatif, bisa saja Golkar mengajukan sendiri, tapi realitas politiknya koalisi dengan parpol lain juga perlu dilakukan. Baik untuk keperluan elektoral Pilkada maupun setelahnya," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.