Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan Lagi Karyawan Terpapar Covid-19, Perusahaan Manufaktur di Cikarang Ditutup Kembali

Kompas.com - 13/05/2020, 11:35 WIB
Cynthia Lova,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi


BEKASI, KOMPAS.com - PT Denso Indonesia di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat kembali tak beroperasi atau tutup.

Perusahaan manufaktur komponen otomotif ini baru saja dibuka kembali lantaran karyawan yang terpapar Covid-19 usai menjalani isolasi dan telah dinyatakan sehat.

“Tutup (saat ini operasional perusahaan ditutup),” ujar Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Kabupaten Bekasi (PIKOKABSI), Alamsyah saat dikonfirmasi, Rabu (13/5/2020).

Baca juga: PSBB Kota Bekasi Diperpanjang hingga 26 Mei, Pemkot Kini Fokus Batasi Pergerakan Warga

Namun, belakangan ditemukan lagi karyawannya yang terpapar Covid-19. Operasional PT Denso Indonesia pun harus dihentikan kembali.

Namun, Alamsyah tak mengetahui ada berapa jumlah karyawan PT Denso yang terpapar Covid-19.

“Iya (terpapar Covid-19), tidak tahu (jumlah),” kata Alamsyah.

Adapun sebelumnya, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi, Suhup, sebelumnya mengatakan bahwa  sebanyak 5.000 dari 5.300 karyawan PT DI di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi, diliburkan.

Menurut Suhup, langkah tersebut dilakukan perusahaan setelah ada salah satu karyawan perusahaan itu meninggal dengan status positif Covid-19.

“Ada satu kan (yang positif) waktu itu, ketua serikat pekerjanya dan dia bukan hanya positif, tapi meninggal. Akibatnya mereka sadar langsung menutup dirinya (operasional), total karyawan dari 5.300 ada 5.000 yang dirumahkan,” ujar Suhup pada 27 April 2020.

Lalu, 14 hari kemudian, Perusahaan PT Denso Indonesia ini kembali beroperasi setelah memastikan karyawannnya telah melewati masa inkubasi usai diisolasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com