Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2020, 11:17 WIB
Vitorio Mantalean,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Sebanyak 15 perawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok dinyatakan positif Covid-19.

Pemeriksaan terhadap 15 perawat ini dilakukan sejak dua pekan lalu dan hasilnya baru terbit pada Kamis (21/5/2020) kemarin.

"Kemarin menurut informasinya, ada 15 (perawat terinfeksi Covid-19)," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita kepada wartawan pada Jumat (22/5/2020) pagi.

"Memang kan rumah sakit risiko tinggi terpapar, memang untuk terpapar sudah risiko sehingga harus pencegahannya lebih ekstra lagi dibandingkan masyarakat umum," jelas dia.

Baca juga: Doakan Perawat Dimatikan oleh Corona, Warganet Dilaporkan ke Polisi

Kelima belas perawat itu disebut tidak menampakkan gejala dan dapat beraktivitas relatif normal selama 2 pekan menanti hasil tes swab.

Saat ini, Novarita menambahkan, pihaknya dan RSUD Kota Depok sedang berusaha melacak kontak para perawat tersebut selama dua pekan terakhir.

Keluarga para perawat jadi salah satu prioritas utama pelacakan.

Selain itu, RSUD Kota Depok memutuskan menutup poliklinik yang sebelumnya menerima pasien non-Covid-19 guna menghindari peluang penularan dari perawat ke pasien.

"Tidak bisa melakukan pelayanan sehingga polinya (untuk pasien non-Covid-19) ditutup selama 14 hari," kata Novarita.

Baca juga: Lagi, Seorang Perawat di Surabaya Meninggal karena Covid-19

Dikonfirmasi terpisah, Direktur RSUD Kota Depok, Devi Maryori meminta agar 15 perawat positif Covid-19 ini diisolasi di RSUD agar menghindari penularan ke keluarga.

"Ada beberapa ruangan yang sudah kami siapkan bilamana ada tenaga kesehatan sakit. Semua tenaga kesehatan yang positif saya minta untuk dirawat di RSUD. Arahan Gugus Tugas juga seperti itu, supaya mengantisipasi penularan ke keluarganya," jelas Devi ketika dihubungi pada Jumat pagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com