Sambut New Normal, Rumah Ibadah di Tangsel Akan Dibuka Bertahap Awal Juni 2020

Kompas.com - 29/05/2020, 20:01 WIB
Ilustrasi virus corona (SARS-CoV-2), Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona (SARS-CoV-2), Covid-19

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Rumah ibadah di Tangerang Selatan akan segera dibuka secara bertahap di tengah pandemi Covid-19.

Pembukaan rumah ibadah ini rencananya beriringan dengan skenario kenormalan baru atau new normal yang diwacanakan pemerintah pada awal Juni 2020.

"Sesuai arahan dan kebijakan dari Kementerian Agama di New Normal kan dibuka. Khusus Tangsel semalam, kita sudah rapat dengan semua Forkopimda untuk rumah ibadah memang akan dibuka," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Tangsel, Abdul Rojak saat dikonfirmasi, Jumat (29/5/2020).

Baca juga: Masjid di Pancoran Gelar Shalat Jumat, Pemprov DKI: Semoga Tak Ada yang Terinfeksi

Namun, pembukaan rumah ibadah akan dilakukan bertahap dengan melihat angka penyebaran Covid-19 di masing-masing kecamatan wilayah Tangerang Selatan.

Karena itu, setiap ketua RT hingga tingkat Camat dapat melaporkan angka jumlah kasus Covid-19 terkini.

"Jika angka tidak ada penambahan (kasus Covid-19) dan sudah dinyatakan zona hijau dipersilahkan masjid-masjid dibuka yang memang sudah dianggap aman atau penyebaran sudah tidak," kata Rojak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Siap-siap, Pendatang Tanpa SIKM Harus Bayar Tes Swab Rp 1,2 Juta

Menurut Rojak, sedikitnya akan ada 50 persen dari sekitar lebih dari 500 jumlah masjid yang akan segera dibuka di Tangerang Selatan.

"Ada 50 persen masjid. Tidak ada surat untuk operasional, cuma pihak DKM sebelum mulai dia berkoordinasi dulu dengan camat dan lurah. Nanya gimana jika dibuka dan sebagainya. Nanti menyesuaikan data Covid-19," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.