Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2020, 19:30 WIB
Dean Pahrevi,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perumda Pasar Jaya melakukan pengetatan terhadap penerapan protokol kesehatan di seluruh pasar di DKI Jakarta guna mencegah penyebaran Covid-19.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin menegaskan bahwa pengetatan protokol kesehatan harus digalakkan, mengingat sudah enam pasar di Jakarta yang pedagangnya terpapar dan dinyatakan positif Covid-19.

Pengetatan itu dilakukan dengan membentuk Satgas Covid-19 di tiap pasar, mengurangi pintu masuk pasar, menyiapkan hand sanitizer di sejumlah sudut pasar, menyediakan masker dan face shield untuk pedagang dan lainnya.

Seluruh pengunjung pasar pun wajib memakai masker selama ada di pasar.

Baca juga: 9 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Serdang Jakpus Ditutup Sementara

"Bagi konsumen yang melanggar protap kita, terpaksa sanksinya kita keluarkan dari pasar dan itu sangat terpaksa kita lakukan karena misalkan maskernya dikalungi, mereka belanja, jalan, tapi masker dikalungi, kita akan minta dipakai atau keluar (dari pasar)," kata Arief dalam siaran video conference, Kamis (11/6/2020).

Arief menambahkan bahwa penyemprotan disinfektan akan dirutinkan di tiap pasar. Kemudian, bagi pasar yang memiliki kasus positif Covid-19 akan ditutup selama tiga hari.

"Mau tidak mau kalau ada yang terindikasi positif, pasar itu ditutup tiga hari untuk dilakukan penyemprotan dan sterilisasi. Kalau satu hari di awal berpikirnya takut virusnya tidak mati, jadi kita sterilisasi tiga hari tutup setelahnya baru beroperasi lagi," ujar Arief.

Baca juga: Penggunaan Masker yang Tidak Benar Bisa Sebabkan Penularan Covid-19

Sebelumnya diberitakan bahwa, Perumda Pasar Jaya mencatat terdapat 19 pasar yang pedagang di dalamnya sudah menjalani rapid test dan swab test Covid-19. Dari jumlah tersebut, sejumlah pedagang di enam pasar terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari enam pasar tersebut diketahui 52 orang positif Covid-19. Keenam pasar tersebut, yakni Pasar Lontar, Pasar Serdang, Pasar Rawasari, Pasar Cijantung, Pasar Perumnas Klender, dan Pasar Induk Kramat Jati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com