Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Jarak Jauh Dioperasikan Lagi tetapi Tak Ada Penumpang dari Stasiun Senen Hari Ini

Kompas.com - 12/06/2020, 13:10 WIB
Tria Sutrisna,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Jarak Jauh Reguler mulai Jumat (12/6/2020) pagi tadi.

Namun, belum ada penumpang dari Jakarta yang berangkat menggunakan KA tersebut.

Kepala Stasiun Pasar Senen Dananjaya menjelaskan, ada satu kereta yang beroperasi mulai hari ini, yakni KA Serayu dengan tujuan Purwokerto.

"Ada satu keberangkatan, KA Serayu. Penumpang masih kosong (dari stasiun Pasar Senen)," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: KA Jarak Jauh Beroperasi Lagi, dari Jakarta Hanya 1 Perjalanan yaitu dari Stasiun Pasar Senen

Menurut Dananjaya, pada Jumat pagi sudah ada beberapa penumpang yang hendak menggunakan KA Serayu.

Namun, semua gagal berangkat karena tidak memiliki surat izin keluar masuk (SIKM) wilayah DKI Jakarta sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 47 Tahun 2020.

Saat dihubungi secara pisah, Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional I Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, tidak adanya penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada hari pertama pengoperasian KA Jarak Jauh Reguler karena masyarakat belum tersosialisasikan soal persyaratan untuk boleh naik kereta itu.

"Tadi sih ada sekitar 4 orang tapi tidak lengkap berkasnya, Jadinya belum bisa berangkat. Jadi pas dilakukan pemeriksaan ada persyaratan yang belum lengkap jadi enggak bisa," ujar dia.

Menurut dia, sudah ada petugas dari pemerintah daerah yang berjaga di area stasiun Pasar Senen untuk melakukan pemeriksaan SIKM bagi penumpang yang akan berangkat maupun datang menggunakan KA Jarak Jauh.

"SIKM tetap dibutuhkan kalau untuk yang berangkat dari area Jakarta, kan itu pasti karena sudah ada ketentuan. Karena itu kan izin untuk keluar masuk," ungkapnya.

PT KAI mengoperasikan kembali KA Jarak Jauh dan KA Lokal Reguler secara bertahap mulai Jumat ini. Dari wilayah Jakarta, terdapat satu KA Jarak Jauh yang melayani perjalanan dari Stasiun Pasar Senen menuju Purwokerto pada pukul 09.15 WIB

Selain itu, terdapat 14 KA Jarak Jauh dan 23 KA Lokal lain yang juga dioperasikan untuk melayani perjalanan dari dan menuju stasiun:

  1. Kiaracondong (Bandung)
  2. Cirebon
  3. Semarang Poncol
  4. Purwokerto
  5. Yogyakarta
  6. Solo Balapan
  7. Madiun
  8. Surabaya Gubeng
  9. Surabaya Pasar Turi
  10. Jember
  11. Ketapang (Banyuwangi)
  12. Blitar
  13. Lempuyangan
  14. Bangil
  15. Malang Kota Lama
  16. Tegal
  17. Kutoarjo
  18. Padalarang
  19. Cicalengka
  20. Purwakarta
  21. Padalarang
  22. Cibatu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com