Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Garuda Indonesia Terkait Isu Penggantian Masker Awak Kabin dengan Face Shield

Kompas.com - 19/06/2020, 20:41 WIB
Singgih Wiryono,
Jessi Carina

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Ramai perbincangan di sosial media terkait awak kabin Garuda Indonesia yang akan menggantikan masker hanya dengan face shield.

Hal tersebut dibantah oleh Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Dia mengatakan face shield bukan sebagai pengganti masker melainkan pelengkap.

"Kami ingin menyampaikan bahwa rencana penggunaan face shield oleh awak kabin Garuda para prinsipnya merupakan APD (Alat Pelindung Diri) pelengkap atau tambahan bagi awak kabin dan tidak menggantikan masker," ujar dia dalam keterangan tertulis diterima Kompas.com, Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Awak Kabin Garuda Disarankan Tetap Gunakan Masker Saat Bertugas

Irfan mengatakan maskapai yang dia pimpin tersebut berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehetahan di seluruh lini operasional penerbangan.

Termasuk, lanjut dia, penggunaan APD bagi awak kabin sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh regulator untuk menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang dan awak kabin yang bertugas.

"Salah satunya adalah penggunaan kelengkapan alat pelindung diri (APD) standar bagi awak kabin seperti masker dan sarung tangan," ujar dia.

Baca juga: Hanya Pemilik KTP Jakarta Boleh Liburan ke Ancol Saat PSBB Transisi

Itulah sebabnya, lanjut Irfan, Garuda Indonesia mempersiapkan penggunaan APD penunjang lainnya berupa face shield serta apron sekali pakai untuk awak kabin ketika menyajikan makanan kepada penumpang.

Irfan mengatakan Garuda Indonesia akan melakukan evaluasi terhadap penggunaan kelengkapan APD bagi awak kabin yang paling sesuai dan aman digunakan selama penerbangan.

"Namun tetap memberikan kenyamanan dan keleluasaan berinteraksi dengan pengguna jasa yang tentunya tetap mengacu pada aspek regulasi dan safety yang berlaku," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com