Buka Setelah Jadi Klaster Covid-19, Giant Margo City Klaim Telah Musnahkan Sayur dan Buah

Kompas.com - 26/08/2020, 09:54 WIB
Margo City Dokumentasi Margo CityMargo City

DEPOK, KOMPAS.com - Ritel Giant Extra Margo City, Depok, Jawa Barat akan kembali beroperasi hari ini, Rabu (26/8/2020) setelah tutup 10 hari akibat jadi klaster penularan Covid-19.

Head of Corporate and Consumer Affairs PT Hero Supermarket, Diky Risbianto mengeklaim, pihaknya sudah melakukan seluruh tahapan protokol kesehatan jelang pembukaan kembali ini.

Selain bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok, manajemen mengaku juga melibatkan vendor yang sudah tersertifikasi untuk melakukan tahapan proses dekontaminasi dan disinfeksi.

“Selama 10 hari tutup gerai, pembersihan secara rutin tetap dilakukan agar gerai siap untuk dibuka kembali,” jelas Diky melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (26/8/2020) pagi.

Baca juga: Margo City Buka Lagi Usai Pegawai Giant Positif Covid-19, Tak Ada Protokol Tambahan

Ia bilang, proses dekontaminasi dan disinfeksi telah dilakukan 2 kali di seluruh area Giant Margo City pada 5-6 Agustus 2020 dan 22 Agustus 2020 lalu.

Dalam proses itu, produk-produk yang dijual menjadi perhatian sesuai dengan arahan pemerintah.

"Pertama, pemilahan produk untuk disimpan dengan metode double layer wrapping," kata Diky.

"Lalu, produk seperti buah-buahan dan sayur dibuang untuk meminimalkan kontak dengan wabah," ujarnya.

Proses dekontaminasi juga dilakukan pada semua ruangan, pada tahap 1 dengan metode chemical precept – MSDS, dan pengemasan produk yang berada display di rak/gondola.

Disinfeksi dilakukan pada seluruh area serta pembersihan menyeluruh semua permukaan keras, kemudian juga secara bertahap dilakukan pada mesin pendingin serta pembersihan produk di dalamnya.

Baca juga: Pastikan Bebas Covid-19, Giant Ekstra Margo City Dibuka Kembali

Salah satu pegawai Giant Margo City diketahui positif Covid-19 pada 5 Agustus 2020 lalu, setelah melalui serangkaian perawatan.

Ia demam tinggi ketika hendak masuk kerja pada 26 Juli 2020 silam dan diminta pulang ke rumah, sebelum akhirnya dirawat di rumah sakit.

Sejak ia dikonfirmasi positif Covid-19, tim pegawai Giant Margo City sebanyak 75 orang dikarantina di kediaman masing-masing dan pihak ritel menggantinya dengan tim baru, serta membersihkan area ritel.

Pemkot Depok kemudian mengumumkan ada 15 pegawai lain yang juga positif Covid-19 karena kontak erat dengan pegawai tadi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X