RSUD Cempaka Putih Jadi RS Khusus Covid-19, Sepuluh Tenaga Medis Dipindah

Kompas.com - 09/09/2020, 13:20 WIB
Ilustrasi virus corona, Covid-19 ShutterstockIlustrasi virus corona, Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Pimpinan RSUD Cempaka Putih, Jakarta, memindah sepuluh petugas medis yang termasuk dalam kelompok rentan seperti berusia tua atau memiliki penyakit bawaan (komorbid).

Langkah tersebut dilakukan setelah menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Jakarta Pusat khusus menangani kasus Covid-19.

"Tenaga medis yang sudah berusia tua serta yang punya penyakit komorbid ada 10 orang. Mereka kita pindahkan ke Puskemas dan RSUD terdekat, lalu diganti dengan tenaga medis yang masih berusia muda serta tidak punya penyakit komorbid," kata Kepala RSUD Cempaka Putih Winarto saat ditemui di RSUD Cempaka Putih, Rabu (9/9/2020), seperti dikutip Antara.

Baca juga: Catatan PSBB Transisi Dua Pekan Terakhir, Kondisi Covid-19 Jakarta yang Mengkhawatirkan...

Langkah itu diambil untuk memutus potensi penyebaran Covid-19. Nantinya kesepuluh petugas medis yang dipindahkan itu bertugas di Puskesmas Cempaka Putih atau di RSUD Johar Baru.

Winarto memastikan layanan bagi masyarakat umum hanya tersedia hingga Rabu ini. Mulai Kamis (10/9/2020) besok, rumah sakit itu akan dikhususkan menangani pasien Covid-19.

"Untuk poliklinik rawat jalan hari ini adalah hari terakhir kami melayani. Terhitung mulai besok kita sudah tidak melayani," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, pihaknya mengarahkan masyarakat ke RSUD Johar Baru untuk rumah sakit pemerintah dan swasta di RS Islam Cempaka Putih.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Jakarta Mengkhawatirkan, Anies Gelar Rapat Khusus

Sebelumnya, pada Selasa (8/9), tiga RSUD yang ada di wilayah Kota Jakarta Pusat akan dikhususkan untuk menangani kasus Covid-19 sehingga nantinya pelayanan umum bagi masyarakat tidak lagi dilakukan di tiga rumah sakit itu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Tiga RSUD itu adalah RSUD Cempaka Putih, Tanah Abang dan Sawah Besar," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari saat dihubungi, Selasa (8/9).

Tiga RSUD itu termasuk 13 RSUD yang ditunjuk oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai rumah sakit khusus untuk penanganan Covid-19 mengingat angka kasus positif terus bertambah setiap harinya di Jakarta.

Baca juga: Keputusan Pemprov DKI, 13 RSUD di Jakarta Hanya Layani Pasien Covid-19

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.