Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadinkes DKI Pastikan Tempat Tidur Isolasi Mandiri dan ICU Masih Cukup Tampung Pasien Covid-19

Kompas.com - 13/10/2020, 12:11 WIB
Rindi Nuris Velarosdela,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti memastikan ketersediaan tempat tidur isolasi mandiri maupun ICU bagi pasien Covid-19.

Menurut dia, keterpakaian tempat tidur isolasi di flat isolasi mandiri, hotel, dan wisma milik Pemprov DKI sudah mencapai 50 persen.

"Kita juga sudah menyiapkan sinergi dengan pusat yakni flat isolasi mandiri, saat ini isinya masih sekitar 50-an persen. Juga hotel yang kerja sama dengan pusat, itu juga terpakainya masih sekitar 50-an persen ditambah wisma yang sudah disiapkan Pemprov DKI. Jadi, Insha Allah tercukupi," kata Widyastuti saat dikonfirmasi, Selasa (13/10/2020).

Untuk mengantisipasi lonjakan, Dinkes DKI juga membedakan tempat perawatan pasien Covid-19 yang memiliki gejala ringan, sedang, dan berat.

Baca juga: Dinkes: Ruang ICU di Kota Bekasi Terisi 84 Persen, Tempat Tidur Isolasi Sisa 350

"Rumah Sakit untuk pasien dengan gejala sedang sampai berat, sedangkan yang ringan dan tanpa gejala itu bisa di flat isolasi mandiri. Ini untuk memilah supaya tidak terjadi penumpukan di satu sisi," ujar Widyastuti.

Perlu diketahui, saat ini ada 98 rumah sakit rujukan yang dilengkapi 5.719 tempat tidur isolasi dan 766 tempat tidur ICU. Sebanyak 8 rumah sakit ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/169/2020.

Sementara itu, 90 rumah sakit lainnya ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 987 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Kepgub Nomor 378 Tahun 2020 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Covid-19. Kepgub tersebut diteken Anies pada 28 September 2020.

Selain rumah sakit rujukan, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan hotel dan wisma untuk tempat isolasi mandiri pasien tanpa gejala maupun bergejala ringan..

Tiga hotel di DKI Jakarta yang digunakan untuk isolasi mandiri pasien Covid-19 adalah Ibis Style di Mangga Dua, Jakarta Utara; U Stay Hotel di Mangga Besar, Jakarta Barat; dan Ibis Senen di Jakarta Pusat.

Sedangkan wisma isolasi mandiri yang disediakan untuk penanganan Covid-19 adalah Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre) di Jakarta Utara; Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, dan Graha Wisata Ragunan di Komplek GOR Jaya Raya Ragunan, Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com