Kompas.com - 14/10/2020, 20:26 WIB
Penumpang KRL Commuter Line tiba di Stasiun Bogor, Jumat (26/6/2020). Tim gugus tugas penanganan Covid-19 Jawa Barat melakukan rapid test dan tes usap pada penumpang KRL Commuter Line yang tiba di Stasiun Bogor untuk memetakan sebaran Covid-19. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPenumpang KRL Commuter Line tiba di Stasiun Bogor, Jumat (26/6/2020). Tim gugus tugas penanganan Covid-19 Jawa Barat melakukan rapid test dan tes usap pada penumpang KRL Commuter Line yang tiba di Stasiun Bogor untuk memetakan sebaran Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan rekayasa operasional kereta rel listrik (KRL) commuter line selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi mulai Kamis (15/10/2020).

Rekayasa operasional itu untuk menyesuaikan dengan aturan jam operasional moda transportasi publik lainnya pada masa PSBB transisi ini.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, KRL akan dioperasikan mulai pukul 04.00-22.00 WIB.

"Pada masa PSBB transisi ini, PT KCI mengoperasikan sebanyak 985 perjalanan KRL dengan 91 rangkaian kereta yang beroperasi setiap hari," kata Anne melalui keterangan tertulis, Rabu ini.

Baca juga: Jakarta PSBB Transisi, Operasional KRL Akan Dievaluasi

Dia menambahkan, selama PSBB transisi, kapasitas penumpang tidak mengalami perubahan.

"Kapasitas pengguna di tiap kereta tidak mengalami perubahan yaitu 74 orang per kereta atau sekitar 40 persen dari kapasitas pengguna di waktu sebelum pandemi," ujar dia.

Anne mengatakan, perusahaan akan melayani 80 stasiun dengan total 418,5 kilometer jalur rel di tiga provinsi.

Adapun jumlah perjalanan KRL untuk setiap lintasannya sebagai berikut:

1. Lintas Bogor/Depok-Jakarta Kota (PP), sebanyak 214 perjalanan per hari
2. Lintas Bogor/Depok/Nambo-Angke/Jatinegara (PP), sebanyak 182 perjalanan per hari
3. Lintas Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota (PP), sebanyak 186 perjalanan per hari
4. Lintas Rangkasbitung-Tanah Abang (PP), sebanyak 213 perjalanan per hari
5. Lintas Tangerang-Duri (PP), sebanyak 104 perjalanan per hari
6. Lintas Jakarta Kota-Kampung Bandan-Tanjung Priok (PP), 86 perjalanan per hari

Anne mengatakan, pengguna dapat melihat jadwal terbaru KRL di situs www.krl.co.id serta di aplikasi KRL Access.

Anne mengimbau pengguna agar tetap menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19  yang telah ditentukan, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dan menjalankan gerakan 3M (menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dengan pengguna lain).

Dia juga menngingatkan agar pengguna selalu menggunakan masker minimal tiga lapis yang terbukti efektif mencegah dan mengurangi penyeberan Covid-19 melalui droplet.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X