Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Kasus Covid-19 di Tangsel Melonjak, Kepatuhan Protokol Kesehatan Diklaim Membaik

Kompas.com - 21/10/2020, 14:41 WIB
Tria Sutrisna,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Satpol PP Kota Tangerang Selatan masih menemukan pelangaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di masyarakat.

Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Tangsel Muksin Al Fachry mengatakan, masih ada masyarakat yang tidak memakai masker atau belum mengunakannya secara benar meski masa pandemi Covid-19 sudah memasuki bulan ke-7.

Selain itu, lanjut Muksin, petugas juga masih mendapati adanya pelaku usaha kuliner yang belum membatasi jarak antarpengunjung.

"Masih ditemukan (pelanggaran) tapi enggak banyak. Biasanya masker, kemudian kerumuman, kami bubarin. Tempat makan juga masih ada yang deket-deketan tempat duduknya, tapi kami suruh jaga jarak," ujarnya ketika dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (21/10/2020).

Baca juga: Hari Terakhir PSBB Tangsel, Kasus Baru Covid-19 Tertinggi Selama Pandemi

Meski begitu, Muksin mengeklaim bahwa masyarakat semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Namun, dia tidak dapat memastikan persentase tingkat kepatuhan masyarakat Tangerang Selatan terhadap protokol kesehatan saat ini.

"Kami kan bukan bagiannya menghitung statistik. Tapi yang jelas kalau di lapangkan justru mulai tertib," kata Muksin.

Pihaknya menilai lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi pada Selasa (20/10/2020) kemarin bukan disebabkan meningkatnya pelanggaran protokol kesehatan di masyarakat.

"Kami di lapangan bingung kalau dibilang kasus naik karena pelanggaran meningkat. Justru semakin sedikit (pelanggaran)," ungkap Muksin.

Baca juga: Kelanjutan Status PSBB Tangerang Selatan Tunggu Keputusan Gubernur

"Ya sebutlah September dan Oktober itu hanya 10 sampai 15 orang setiap razia. Kalau sebelumnya bisa puluhan bahkan ratusan yang jejaring," pungkasnya.

Untuk diketahui, Kasus Covid-19 di Kota Tangerang Selatan kembali melonjak dengan tambahan 69 pasien baru Covid-19 pada Selasa (20/10/2020).

Penambahan pada hari terakhir penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini merupakan yang tertinggi selama pandemi Covid-19 di Tangerang Selatan.

Pada Jumat (16/10/2020) lalu, Tangerang Selatan juga mencatatkan penambah yang lebih tinggi dari biasanya, yakni 51 kasus baru positif Covid-19.

Dengan penambahan tersebut, total kasus Covid-19 di Tangerang Selatan hingga Selasa sudah 1.506 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.274 pasien di antaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan angka kematian akibat Covid-19 berjumlah 73 kasus.

Tidak ada penambahan pasien sembuh maupun meninggal dunia.

Saat ini, terdapat 159 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat maupun isolasi mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com