Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Siarkan Debat Kandidat Pilkada Tangsel 2020 di Dua TV Nasional

Kompas.com - 05/11/2020, 22:12 WIB
Tria Sutrisna,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Debat kandidat Pemilih Kepala Daerah (Pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 bakal disiarkan secara langsung di dua stasiun televisi nasional.

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyrakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel Ade Wahyu Hidayat mengatakan, debat kandidat akan digelar sebanyak dua kali.

Debat pertama akan dilakukan pada Minggu (22/11/2020). Sedangkan yang kedua berlangsung Kamis (3/12/2020).

"Yang 22 November itu di Kompas TV. Kemudian 3 Desember bertempat di Metro TV," ujar Ade saat dikonfirmasi, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Debat Kandidat Pilkada Tangsel Digelar Terbatas Tanpa Simpatisan

Kendati demikian, belum dijelaskan secara rinci pukul berapa debat kandidat akan berlangsung dan disiarkan di dua stasiun TV tersebut.

Ade hanya mengatakan, siaran tahapan debat calon wali kota dan wakil wali kota Tangsel akan berlangsung dengan total durasi 120 menit.

Sebanyak 30 menit di antaranya akan dipakai untuk iklan layanan masyarakat (ILM) terkait Pilkada 2020 ditengah pandemi Covid-19.

"Substansi debatnya 90 menit. Kemudian untuk 30 menitnya itu iklan layanan masyarakat terkait kepemiluan," kata Ade.

Baca juga: KPU Tetapkan Jadwal Debat Kandidat Pilkada Tangsel: 22 November dan 3 Desember 2020

Adapun teknis pelaksanaan dan materi debat kandidat Pilkada 2020 sudah diatur dalam pasal 59 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pilkada di tengah pandemi Covid-19.

Mengutip huruf f pasal 59 beleid tersebut materi yang disajikan akan akan terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, upaya memajukan daerah, dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

Selain itu, akan ada materi yang terkait dengan upaya penyelesaian persoalan di daerah dan menyerasikan pelaksanaan pembangunan kota dengan nasional.

Kemudian, pada pasal 59 huruf g dijelaskan bahwa debat kandidat juga kan memuat materi kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Baca juga: Pilkada Tangsel, Sosok Keponakan Prabowo Janji Politiknya hingga Serangan Lawan

Untuk diketahui, Pilkada Tangsel yang digelar pada 9 Desember 2020 akan diikuti oleh tiga pasangan calon.

Mereka sudah mulai melaksanakan tahapan kampanye yang berlangsung sampai 5 Desember 2020.

Nomor urut satu pasangan Muhamad - Sara diusung oleh PDI Perjuangan, Gerindra, PSI, PAN dan Hanura dengan total 23 kursi di DPRD Tangsel.

Mereka juga didukung empat partai tanpa kursi di DPRD Tangsel, yakni Nasdem, Perindo, Garuda, dan Berkarya.

Nomor urut dua adalah Siti Nur Azizah - Ruhamaben diusung oleh Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan total 13 kursi di DPRD Tangsel.

Nomor urut tiga ialah Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan yang diusung oleh Partai Golkar dengan total 10 kursi.

Mereka juga didukung tiga partai tanpa kursi, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Gelora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com