Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Soekarno-Hatta Catat 17 Juta Penumpang Sepanjang 2020

Kompas.com - 08/11/2020, 16:26 WIB
Singgih Wiryono,
Nursita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatat sebanyak 17 juta pergerakan penumpang sepanjang 2020.

"1 Januari-7 November 2020, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 17 juta orang," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi dalam keterangan tertulis, Minggu (8/11/2020).

Agus mengatakan, jumlah tersebut mengambil porsi 56 persen dari jumlah penerbangan yang ada di 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II.

Baca juga: Libur Panjang Akhir Oktober, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Capai 455.068 Orang

Dia mengatakan, jumlah tersebut memberikan bukti peran strategis Bandara Soekarno-Hatta untuk mendukung aktivitas masyarakat dan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

"Kami berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan baik demi lancarnya operasional Bandara Soekarno-Hatta sehingga berdampak positif juga terhadap bandara-bandara lainnya," kata dia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menambahkan, penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta mulai bergairah pada dua bulan terakhir, baik untuk rute domestik maupun internasional.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Catat Angka Pergerakan Penumpang Tertinggi Selama Pandemi

Peningkatan jumlah penumpang dalam dua bulan terakhir dipicu libur panjang dan penerbangan umrah.

"Serta Travel Corridor Arrangement (TCA) antara Indonesia dengan beberapa negara yakni Uni Emirat Arab, Korea Selatan, China, Singapura dan menyusul Jepang," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com