Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizieq Shihab Minta Para Pendukungnya Pulang ke Rumah

Kompas.com - 10/11/2020, 14:16 WIB
Ihsanuddin,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab meminta pendukung dan simpatisannya yang berkumpul di sekitar markas FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, untuk pulang ke rumah masing-masing.

Hal itu disampaikan Rizieq setelah dia selesai menyampaikan orasi di hadapan para pendukungnya itu.

"Setelah saya turun dari mobil ini saya minta semuanya pulang ke rumah," kata Rizieq yang berorasi dari sunroof mobil, di depan Markas FPI, Selasa (10/11/2020).

Rizieq mendoakan agar pendukungnya bisa tiba di rumah dengan selamat. Ia juga meminta agar pendukungnya menunjukkan akhlak yang baik.

Baca juga: Rizieq Shihab Tiba di Petamburan, Disambut Lantunan Shalawat oleh Simpatisan

"Tunjukkan kita revolusi akhlak," katanya.

Rizieq mengajak pendukungnya berkumpul kembali saat FPI menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Sabtu pekan ini. Bagi pendukungnya di luar Jakarta, Rizieq berjanji bahwa dia akan melakukan kunjungan dan tausiah ke daerah.

"Nanti saya selesai istirahat kita bisa silaturahmi. Saya bisa datang ke daerah. Kita ketemu lagi," katanya.

Dalam orasinya, Rizieq mengucapkan syukur karena telah kembali ke Indonesia. Ia juga membeberkan alasannya pulang setelah berada di Saudi selama dua tahun.

"Saya pulang karena ingin berkumpul kembali dengan umat Islam di Indonesia, ingin berjuang bersama sama," kata Rizieq.

Para simpatisannya antusias menyambut kehadiran Rizieq. Mereka berdesak-desakan dan tidak menjaga jarak fisik sebagaimana diatur dalam protokol pencegahan Covid-19. Sebagian simpatisan juga tidak mengenakan masker.

Baca juga: Ketika Bandara Soekarno-Hatta Lumpuh 5 Jam Imbas Kepulangan Rizieq Shihab

Rizieq pulang ke Indonesia menggunakan pesawat Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV816. Rizieq terbang dari Saudi pada Senin kemarin pukul 19.30 waktu setempat.

Rizieq mendarat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pada 10 November 2020 sekitar pukul 09.00 WIB.

Rizieq pergi ke Saudi tahun 2017. Saat itu, polisi sedang menyelidiki kasusnya atas tuduhan pesan pornografi. Polisi telah menerbitkan penghentian penyidikan perkara (SP3) atas kasus itu.

Rizieq sebelumnya menyatakan bahwa dia dicekal pemerintah Arab Saudi atas permintaan pemerintah Indonesia sehingga tak bisa kembali. Namun, Pemerintah Indonesia membantah hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com