Anies Klaim Pemprov DKI Sudah Bagikan 22,5 Juta Masker Gratis

Kompas.com - 24/11/2020, 13:24 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat yang menimbulkan kerumunan. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK AGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat yang menimbulkan kerumunan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membagikan 22,5 juta masker secara gratis kepada warga.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak dari pandemi Covid-19.

"Kami dari bulan April memulai produksi masker gratis. Kami memproduksi sebanyak 22,5 juta masker, dan 22,5 juta masker itu dibagikan secara gratis," kata Anies saat webinar, Selasa (24/11/2020).

Masker gratis dibagikan lantaran penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di Jakarta.

Baca juga: Anies Ingin Warga Jakarta Patuhi Protokol Kesehatan

Selama PSBB, warga yang tidak memakai masker akan dikenakan denda. Hingga saat ini, jumlah denda pelanggar masker yang terkumpul sebanyak Rp 5 miliar.

"Di Jakarta kalau tidak menggunakan msker bisa didenda Rp 250.000, kumpulan dendanya sudah sampai Rp 5 miliar hari ini," kata Anies.

Kendati demikian, Anies menekankan capaian denda tersebut bukan merupakan prestasi.

"Prestasinya bukan di denda. Prestasinya adalah kalau minimal 85 persen penduduk menggunakan masker. Hari ini jumlah penduduk Jakarta yang menggunakan masker proporsinya adalah sekitar 75 persen," tutur Anies.

Anies sebelumnya kembali memperpanjang masa PSBB transisi selama 14 hari terhitung mulai 23 November-6 Desember 2020.

Baca juga: Anies: Stabilitas Jakarta di Tengah Pandemi Tidak Gratis

Anies mengatakan, berdasarkan data-data epidemiologis selama penerapan PSBB Masa Transisi dua pekan terakhir, kondisi wabah Covid-19 DKI Jakarta masih terkendali dan menuju aman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X