Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2020, 09:50 WIB
Muhammad Naufal,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta jangan lupa menyertakan hasil negatif rapid test antigen sebagai syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan penerbangan.

Kewajiban tersebut mulai diberlakukan sejak Selasa (22/12/2020) kemarin.

Langkah ini sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 22 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksana Perjalanan Orang dengan Transportasi Udara Selama Masa Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19

Dalam SE itu, pelaku perjalanan wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang berlaku selama 3x24 jam untuk perjalanan dari dan ke atau antar-Pulau Jawa.

Walau telah berlaku selama dua hari, nyatanya masih ada calon penumpang yang belum menyertakan hasil rapid test antigen di Bandara Soekarno-Hatta.

Endang Yuliastri, misalnya, dia harus melakukan rapid test antigen di Shelter Kalayang Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta pagi ini lantaran lupa dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Berlaku Hari Ini, Berikut Cara Lakukan Rapid Test Antigen di Bandara Soekarno-Hatta

"Iya, saya lupa banget kalau ternyata harus pakai rapid test antigen," ujar perempuan yang hendak menuju Surabaya itu.

PT Angkasa Pura II (AP II), selaku manajemen Bandara Soekarno-Hatta, menyediakan layanan rapid test antigen bagi pelaku perjalanan yang belum sempat melakukan tes Covid-19 tersebut di tempat lain.

Pihak bandara mematok biaya sebesar Rp 200.000 untuk tes jenis ini. Harga tersebut sudah diturunkan dari harga sebelumnya, yaitu Rp 385.000.

Baca juga: Serba-serbi Rapid Test Antigen di Bandara Soekarno-Hatta: Biaya Lebih Murah hingga Terjadi Antrean Panjang

Hasil rapid test antigen dapat diketahui sekitar 15 menit setelah pemeriksaan.

Berikut lokasi pemeriksaan rapid test antigen di Bandara Soekarno-Hatta beserta caranya:

Walk in service

Calon penumpang dapat langsung mendatangi lokasi pemeriksaan rapid test antigen yang tersedia di Airport Health Center Terminal 2 (shelter skytrain) dan Terminal 3 (SMILLE Center).

Namun, karena banyaknya orang yang melakukan rapid test di Bandara Soekarno-Hatta, calon penumpang disarankan untuk datang lebih dini ke bandara agar tidak ketinggalan pesawat.

Drive thru service

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com