Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persoalan Tunawisma, Pimpinan DPRD: Sama seperti Banjir, Itu Masalah Abadi Jakarta

Kompas.com - 06/01/2021, 16:43 WIB
Singgih Wiryono,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengatakan, persoalan tunawisma merupakan masalah abadi di Ibu Kota.

Dia menyamakan masalah tunawisma di Jakarta sama seperti problem banjir yang tidak ada habisnya.

"Masalah tunawisma itu memang benar ada kok, sama seperti banjir sudah menjadi masalah abadi di Jakarta," tutur Zita dalam pesan singkat, Rabu (6/1/2021).

Dia mengatakan, umur tunawisma bukan hanya orang tua atau orang dewasa seperti yang ditemui oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, tetapi juga tunawisma anak juga ada di Jakarta.

Baca juga: Wagub DKI: Sejak Umur 4 Tahun Tinggal di Jakarta, Baru Dengar Tunawisma di Sudirman-Thamrin

Politikus Partai Amanat Nasional tersebut kemudian meminta Pemprov DKI Jakarta untuk membuka mata dengan masalah sosial abadi yang ada di Jakarta.

"Kita harus buka mata, memang benar ada," kata dia.

Zita juga mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Mensos Risma yang blusukan menemui tunawisma di beberapa tempat di Jakarta.

Tindakan Risma, kata Zita, mencontohkan tindakan yang baik dari seorang pemimpin yang memberikan tindakan langsung di lapangan.

Baca juga: Anies Minta Dinsos Cek Identitas Pengemis yang Ditemukan Mensos Risma di Sudirman-Thamrin

"Istilahnya pemimpin yang baik itu mencontohkan dengan tindakan. Bu Risma itu tipe pemimpin yang seperti itu. Yang baik perlu kita apresiasi," kata Zita.

Isu mengenai tunawisma di DKI Jakarta kembali mencuat setelah aksi blusukan Mensos Risma di sejumlah wilayah di Jakarta.

Salah satu yang paling menarik perhatian netizen adalah adanya gelandangan di jalan protokol kawasan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat, Senin (4/1/2021) lalu.

Risma menemukan gelandangan kemudian menghampiri dan mengajak berdialog.

Baca juga: Anggota DPRD DKI Nilai Blusukan Risma di Jakarta Patut Ditiru

"Ikut saya ya Pak, nanti saya carikan balai. Nanti ada temannya banyak, nanti masih bisa mulung. Saya bantu cari kerjaan, supaya bisa makan, supaya bisa tidur, ndak kehujanan," kata Risma mengajak salah seorang gelandangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com