Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.400 Pedagang di Kota Tangerang Disuntik Vaksin Covid-19 Hari Ini

Kompas.com - 01/03/2021, 12:30 WIB
Muhammad Naufal,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebanyak 1.400 pedagang pasar di Kota Tangerang, Banten menerima vaksinasi Covid-19 untuk pertama kalinya, Senin (1/3/2021).

Direktur Pasar Jaya Kota Tangerang, Titin Mulyati mengatakan, sebanyak 1.400 pedagang tersebut menjalani vaksinasi di dua pasar di Kota Tangerang, yaitu di Pasar Anyar dan Pasar Malabar. Semua pedagang pasar itu termasuk dalam target vaksinasi Covid-19 tahap dua.

Penerima vaksin di Pasar Anyar, kata Titin, sebanyak 700 orang dari Pasar Anyar, Pasar Gerendeng, Pasar Poris Indah, dan Pasar Ramadhani. Sementara penerima vaksin di Pasar Malabar adalah 700 pedagang dari Pasar Malabar, Pasar Bandeng, Pasar Laris, Pasar Jatake, Pasar Cibodas, dan Pasar Grand Duta.

Baca juga: Kota Tangerang Catat 42 Kasus Baru Covid-19, Totalnya Jadi 7.267

Menurut Titin, vaksinasi untuk pedagang dikumpulkan di dua tempat itu karena mayoritas pedagang berasal dari Pasar Anyar dan Pasar Malabar.

Pelaksanaan vaksinasi mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Bila ada pedagang yang menolak disuntik vaksin, petugas akan mengedukasi mereka.

"Tadi kami ke dalam. Tetap menyosialisasikannya hari ini bahwa vaksin itu aman," ujar Titin.

"Sanksi dia dapat sanksi sendiri ya, karena kekebalan tubuhnya kurang. Kalau menurut saya harus, jadi saya tak henti-hentinya menyosialisasikannya," tambah dia.

Ia berharap, pandemi Covid-19 cepat berakhir dengan adanya vaksinasi secara menyekuruh.

"Bukan berarti bisa bebas, yang penting menerapkan protokol kesehatan," ucap dia.

Salah seorang pedagang di Pasar Anyar, Kaitman mengatakan telah disuntik vaksin sekitar pukul 09.00 WIB. Penjual buah-buahan itu mengaku tak merasakan efek samping apa pun usai menerima CoronaVac.

"Harapannya setelah divaksin ini, semoga semua sehat. Ekonomi juga semoga cepat membaik," tutur Kaitman.

Pemerintah Kota Tangerang mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap dua Kamis pekan lalu. Saat itu penyuntikan vaksin dilakukan di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Banten dan di sejumlah titik fasilitas pelayanan publik di Kota Tangerang.

“Vaksin tahap dua itu untuk TNI, Polri, guru, DPRD, ASN, Satpol PP, dan lain-lain,” ungkap Arief kepada awak media, Selasa lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com