Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak Pasar Jatinegara Jelang Ramadhan, Pemkot Jaktim Temukan Makanan Positif Rodium

Kompas.com - 06/04/2021, 14:03 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Nursita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Ramadhan, Pemkot Jakarta Timur dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Tradisional Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (6/4/2021).

Sidak dipimpin langsung Wali Kota Jakarta Timur M Anwar dengan mendatangi kios-kios pedagang dan mengambil sampel makanan dari kios tersebut.

"Tentunya sidak ini melihat pasokan secara kualitas, jangan sampai masyarakat Jakarta Timur yang datang terkontaminasi dengan formalin, boraks, dan sebagainya," kata Anwar di lokasi, dilansir dari Tribun Jakarta.

Baca juga: Masjid Istiqlal Buka Selama Ramadhan dengan Kapasitas Terbatas

Dari 29 sampel yang diambil secara acak, satu sampel makanan, yakni jenis kerupuk, menunjukkan positif rodium.

Anwar mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam memilih bahan pangan.

Ia juga memastikan stok pangan jelang Ramadhan masih aman, walaupun harga daging sapi dan daging ayam naik Rp 5.000 sampai 10.000.

Baca juga: Pemprov DKI Izinkan Warga Jualan Takjil Selama Ramadhan

"Kemudian saya melihat distribusi di sini dan ternyata masih aman. Hanya ada beberapa kenaikan harga seperti daging sapi biasa Rp 120.000 per kilogram, saat ini jadi Rp 130.000. Untuk cabai harganya turun," kata Anwar.

"Tentunya kegiatan ini rutin kami lakukan, untuk memastikan aman untuk dikonsumsi dan ketersediaan juga cukup dan tidak membuat masyarakat resah untuk berbelanja," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta dengan judul "Jelang Ramadan, Pemkot Jakarta Timur dan BPOM Sidak di Pasar Tradisional Jatinegara" (Tribun Jakarta/Nur Indah Farrah Audina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com