Pemprov DKI: Mal Tetap Tutup Pukul 21.00 WIB Selama Ramadhan, Termasuk Restoran di Dalamnya

Kompas.com - 12/04/2021, 19:01 WIB
Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, delapan Hari pasca pemberlakuan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) Jilid Dua, Selasa (22/9/2020). M FarisMal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, delapan Hari pasca pemberlakuan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) Jilid Dua, Selasa (22/9/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Andri Yansyah memastikan tidak ada perubahan jam operasional mal saat Ramadhan 2021.

Dia mengatakan, dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 434 Tahun 2021 disebut hanya jam operasional restoran yang mengalami perubahan.

"Dengan demikian saya menerjemahkan bahwa mal tetap tutup jam 21.00 WIB termasuk tenant-tenant yang ada di dalamnya," kata Andri saat dihubungi melalui telepon, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Anies Perpanjang Jam Operasional, Restoran Boleh Buka hingga Pukul 22.30 WIB Selama Ramadhan

Andri mengatakan, jam operasional hingga pukul 21.00 WIB tersebut diberlakukan untuk restoran yang ada di dalam mal karena mengikuti ketentuan jam buka mal.

Andri berujar, perpanjangan jam operasional restoran dan rumah makan hanya berlaku untuk restoran dan rumah makan yang ada di luar mal saja.

"SK Gubernur tersebut mengatur tentang restoran atau tempat makan di luar mal yang tadi sampai jam 22.30 WIB itu tetapi tidak disebutkan spesifik untuk mal makanya mal tutup jam 21.00 termasuk dengan restoran yang ada di dalamnya," kata Andri.

Pertimbangan lainnya, kata Andri, karena jam operasional mal sudah seringkali diperpanjang.

Dia mencatat tiga kali perubahan jam operasional mal hingga saat ini diputuskan buka hingga pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Restoran di Jakarta Boleh Buka Pukul 02.00-04.30 WIB Layani Santap Sahur

"Kalau mal ini sudah (sering) diperpanjang, mulai jam 7 (malam), 8 (malam) sampai 21.00 WIB," kata Andri.

Adapun sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi meneken Keputusan Gubernur terkait perpanjangan jam operasional untuk restoran dan rumah makan selama bulan Ramadhan 2021.

Hal tersebut tertulis dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 434 Tahun 2021 tentang Tentang Perubahan atas Keputusan Gubernur Nomor 405 Tahun 2021.

Dalam keputusan tersebut, Anies hanya mengubah Lampiran Halaman 2 Nomor Urut 5 yang berkaitan dengan jam operasional restoran dan rumah makan yang sebelumnya dibatasi untuk makan di tempat hingga pukul 21.00 WIB.

Setelah diubah, restoran dan rumah makan bisa beroperasional sampai dengan pukul 22.30 WIB.

"Dine-in sampai dengan pukul 22.30 WIB dan dapat beroperasi kembali pada pukul 02.00-04.30 WIB untuk melayani kebutuhan sahur," tulis Anies.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X