Babak Baru Rencana Revitalisasi Tugu Pamulang: Desain Segera Dibahas hingga Penutupan

Kompas.com - 14/04/2021, 06:50 WIB
Tugu Pamulang di Bunderan Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis (20/6/2019) Warta Kota/Zaki Ari SetyawanTugu Pamulang di Bunderan Pamulang, Tangerang Selatan, Kamis (20/6/2019)
|

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Banten berencana merevitalisasi Tugu Pamulang di bundaran Jalan Siliwangi, Tangerang Selatan.

Rencana tersebut bergulir setelah bentuk Tugu Pamulang menyebabkan polemik karena dianggap berbeda dengan rancangan tugu yang beredar di media sosial.

Belakangan diketahui bahwa desain tugu yang beredar itu merupakan rancangan terbaru yang dipersiapkan pada 2019. Kala itu, Pemerintah Provinsi Banten didesak untuk merevitalisasi Tugu Pamulang pascapembangunan selesai.

Namun, rencana revitalisasi tugu senilai Rp 300 juta itu mangkrak tanpa sebab dan tak kunjung direalisasikan Pemerintah Provinsi Banten sampai saat ini.

Baca juga: Pemprov Banten Buka-bukaan soal Polemik Tugu Pamulang yang Habiskan Rp 300 Juta

"Pada 2019 itu sudah dianggarkan untuk melakukan revitalisasi dengan desain baru. Cuma di 2019, kegiatan itu terhenti. Karena saya melihatnya birokrasi lah. Nah di 2020 itu ada refocusing," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banten Tranggono.

Kini, rencana revitalisasi Tugu Pamulang tampaknya akan memasuki babak baru. Pemerintah Provinsi Banten segera membahasnya bersama Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan.

Bahas desain bersama pemkot

Tranggono menjelaskan, pihaknya berencana melakukan pertemuan dan membahas revitalisasi Tugu Pamulang pada Rabu (14/4/2012).

Salah satu poin pembahasan dalam pertemuan tersebut adalah desain atau bentuk baru dari Tugu Pamulang yang saat ini hanya berupa rangka besi dan kubah.

"Hari Rabu, kalau tidak ada halangan, kami akan diskusikan, apa sih harapannya Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk tugu ini," kata Tranggono saat dikonfirmasi, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Bantah Bentuk Tugu Pamulang Tak Sesuai Rancangan, Pemprov Banten: Itu Desain 2017

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X