Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Masih Kejar 3 Operator Derek Ilegal di Tol Halim yang Kabur

Kompas.com - 15/04/2021, 21:39 WIB
Muhammad Isa Bustomi,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi menyatakan, Surat Izin Mengemudi (SIM) yang digunakan sopir derek ilegal yang beroperasi di dekat Gerbang Tol Halim, Jakarta Timur, tak sesuai dengan kendaraan yang digunakan.

Satu dari tiga orang operator derek ilegal itu, yaitu YJ, akhirnya ditangkap polisi. Pelaku ditangkap di kilometer 10 Tol Cikunir, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/4/2021) siang. Tiga orang lainnya lolos saat hendak ditangkap polisi.

"Surat dan STNK mati. SIM yang digunakan itu bukan SIM peruntukannya. SIM A kendaraan biasa roda empat yang dimiliki," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Kamis.

Baca juga: Polisi Tangkap Petugas Derek Liar yang Paksa Sopir Truk di Tol Halim

Yusri menjelaskan, penangkapan pelaku bermula saat anggota Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Metro Jaya menyisir jalan tol setelah kejadian pemaksaan penggunaan derek tersebut viral di media sosial.

"Tim menemukan satu kendaraan dan diberhentikan ada empat orang di dalam. Tiga orang melarikan diri sedangkan satu inisial YJ yang berhasil diamankan," kata Yusri.

Polisi masih memeriksa tersangka kasus pemaksaan penggunaan derek itu serta memburu tiga rekannya yang melarikan diri.

"Kami sosialisasi juga. Kalau untuk derek di jalan tol itu sudah disiapkan oleh Jasa Marga. Itu gratis dan tidak ada bayaran. Ini derek liar yang sering beredar di jalan tol dan sering meras masyarakat yang mogok," kata Yusri.

Sebelumnya, beredar sebuah video yang memperlihatkan aksi operator derek liar memaksa sopir truk yang mogok di Exit Tol Halim, Jakarta Timur, agar mau diderek oleh mobil derek komplotan itu.

Dalam video yang diunggah salah satu akun Instagram, sejumlah orang tampak memukul kaca truk dan memaksa sopir agar truknya diderek.

Polisi yang mendapati laporan kejadian itu langsung melakukan penyelidikan. 

Manager Area Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) Soedijatmo Bismark Purba sebeumnya mengatakan, kejadian dalam video itu terjadi di sekitar KM 02-03 Jalan Tol Dalam Kota arah Jakarta atau sebelum Gerbang Tol Halim, Rabu kemarin.

"Sesaat setelah mendapatkan informasi terkait video tersebut, petugas kami langsung mengecek ke lokasi kejadian," kata Soedijatmo dalam keterangannya, Kamis.

Namun, tidak ditemukan lagi oknum derek liar maupun pengemudi truk yang terlihat dalam video itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com