Kompas.com - 19/04/2021, 14:48 WIB
Bangunan liar menghalangi sebagian akses masuk ke SMAN 30 Jakarta Pusat, Senin (19/4/2021). Google MapsBangunan liar menghalangi sebagian akses masuk ke SMAN 30 Jakarta Pusat, Senin (19/4/2021).
Penulis Ihsanuddin
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Bangunan liar yang menggangu akses jalan masuk menuju SMAN 30 Jakarta Pusat, akan segera dibongkar. Rencana pembongkaran bangunan liar itu dibahas dalam rapat di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (19/4/2021) pagi.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, pihaknya telah menerima aduan dari pihak sekolah terkait bangunan liar yang menggangu akses masuk itu.

"Akses jalan masuk ke sekolah ada tapi sangat kecil dan di sana ada bangunan liar," ucap Irwandi usai rapat.

Baca juga: Pembongkaran Bangunan Liar di Menteng Dalam untuk Cegah Banjir

Irwandi memastikan akan menindaklanjuti aduan dari pihak SMAN 30 itu. Ia menegaskan bahwa rumah yang mengganggu jalan masuk itu adalah bangunan liar yang berdiri di atas aset Pemda DKI.

"Dilihat dari Jakarta satu, itu adalah aksesnya pemerintah dan sekarang diduduki rumah-rumah. Jadi sekolah terlihat menjadi kumuh. Jadi tidak terlihat sekolahan. Jalan masuknya sangat terganggu," kata Irwandi.

Irwandi menambahkan, dalam rapat mendatang pihaknya akan memanggil Badan Pertahanan Daerah serta Dinas Pengelolaan Aset untuk benar-benar memastikan status tanah itu.

Baca juga: 95 Bangunan Liar di Pinggir Rel Kereta Lintas Pasar Senen-Ancol Ditertibkan

"Kalau itu tanah pemerintah kita lakukan pembebasan. Kita tidak harus beli itu aset karena itu aset kita, masa aset pemerintah harus kita beli lagi dan itu tidak boleh," katanya.

Kepala Sekolah SMAN 30 Agne Sukasni mengatakan, akses jalur masuk ke sekolah sangat kecil. Akibatnya, akses kendaraan untuk masuk cukup sulit. Terlebih jika ada kendaraan yang parkir sepanjang jalan masuk itu.

"Intinya akses kita masuk kerap terganggu dan kita memerlukan lahan parkir kendaraan," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X