Penumpang di Terminal Bayangan Cimanggis Meningkat Sebelum Larangan Mudik Berlaku

Kompas.com - 22/04/2021, 15:07 WIB
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Jasa MargaJalan Tol Cimanggis-Cibitung
|

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Penumpang bus di terminal bayangan Cimanggis, Tangerang Selatan, meningkat pada awal Ramadhan 1442 Hijriah. Mereka diduga hendak berangkat ke kampung halaman, sebelum larangan mudik Lebaran 2021 berlaku.

Agen PO Murni Jaya, Dadang (47), menjelaskan, jumlah penumpang pada awal Ramadhan 2021 meningkat dibanding tahun sebelumnya.

Pasalnya, Ramadhan 2020 pemerintah langsung menerapkan larangan aktivitas mudik lebaran untuk mencegah penularan Covid-19 akibat pergerakan masyarakat.

"Sekarang kan masih ada kesempatan mudik beberapa hari. Kalau Ramadhan sebelumnya dari pertama udah enggak boleh mudik lebaran," ujarnya saat ditemui wartawan, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Perjalanan Sebelum dan Setelah Masa Larangan Mudik Diperketat, Begini Aturan Rincinya

Hal senada diungkapkan oleh Erwin (45) Agen PO Bus Blue Star. Menurut dia, jumlah penumpang sudah terasa meningkat drastis pada lima hari pertama Ramadhan 1442 Hijriah.

"Ya mungkin mudik tradisi awal puasa. Lima hari pertama itu ramai terus, ke sini mulai sepi lagi," ungkap Erwin.

Erwin menduga, para penumpang tersebut hendak mudik lebih awal agar tidak terdampak larangan mudik Lebaran 2021.

"(Pemudik) awal puasa kali ini lebih ramai. Karena kan ada aturan (larangan mudik), jadi berangkat lebih awal," pungkasnya.

Pemerintah memutuskan memperketat perjalanan dalam negeri selama H-14 dan H+7 larangan mudik Lebaran 2021.

Oleh karena larangan mudik Lebaran berlangsung 6-17 Mei 2021, maka pengetatan berlaku mulai 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021.

Baca juga: Mudik Dilarang, Pemkot Bekasi Godok Ketentuan SIKM

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X