2.659 RT Zona Merah di Jakarta Wajib Terapkan Jam Malam, Terbanyak di Jakbar

Kompas.com - 22/04/2021, 16:01 WIB
RT zona merah penyebaran Covid-19 di Jakarta. Tangkapan layar situs web corona.jakarta.go.idRT zona merah penyebaran Covid-19 di Jakarta.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.659 RT zona merah di DKI Jakarta wajib menerapkan jam malam dengan membatasi keluar masuk warga hingga pukul 20.00 WIB.

Dilansir dari situs web resmi Pemprov DKI, corona.jakarta.go.id, data per 8 April 2021, RT zona merah di Jakarta terbanyak berada di Jakarta Barat, yaitu 755 RT zona merah.

Baca juga: Instruksi Anies: Batas Keluar Masuk RT Zona Merah hingga Pukul 20.00

Wilayah Jakarta Timur memiliki 634 RT zona merah, Jakarta Selatan dengan 571 RT, Jakarta Utara dengan 488 RT, Jakarta Pusat memiliki 210 RT zona merah, dan di Kepulauan Seribu ada 1 RT zona merah.

Detail RT zona merah bisa dilihat di tautan https://corona.jakarta.go.id/id/zona-pengendalian-rt.

Adapun aturan pembatasan jam malam untuk RT zona merah tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 23 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

"Membatasi keluar masuk wilayah Rukun Tetangga maksimal hingga pukul 20.00 WIB," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Ingub yang diteken 19 April 2021.

Baca juga: Wagub DKI: Aturan Jam Malam di RT Zona Merah agar Tidak Ada Kerumunan

Adapun kriteria RT zona merah dalam Ingub tersebut adalah terdapat lebih dari lima rumah dengan konfirmasi kasus positif Covid-19 dalam satu RT selama tujuh hari.

Selain menerapkan jam malam, Anies juga meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk melakukan tracing kepada setiap kasus.

"Menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat," ucap Anies.

Dia juga memerintahkan lurah dan SKPD terkait untuk membatasi kegiatan rumah ibadah dengan protokol kesehatan ketat di RT berstatus zona merah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X