Anak Anggota DPRD Tersangka Pemerkosa Remaja Berniat Nikahi Korban, KPAI: Merugikan Korban

Kompas.com - 27/05/2021, 10:54 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyanyangi adanya wacana keluarga anak anggota DPRD Bekasi, tersangka kasus pemerkosaan anak di bawah umur, AT (21), yang berniat menikai korbannya, PU (15).

KPAI menilai pernikahan yang didasari pemerkosaan terhadap anak di bawah umur selain dilarang juga dapat merugikan korbannya.

"KPAI berharap (penanganan tersangka) bisa dilakukan secara serius. Tanpa adanya upaya diluar jalur hukum yang justru akan merugikan korban," kata Komisioner KPAI Putu Elvina saat dihubungi, Rabu (26/5/2021).

Baca juga: Cegah Pernikahan, LPAI Akan Temui Orangtua Remaja yang Diperkosa Anak Anggota DPRD Bekasi

Elvina menegaskan, tindak pidana pencabulan merupakan pidana murni, bukan delik aduan. Karena itu, proses hukum terhadap tersangka tetap harus berjalan.

Sementara mengenai wacana AT akan dinikahkan dengan korban bukan menjadi alasan untuk polisi menghentikan proses hukumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita dorong penyidik serius dan memastikan proses hukumnya berjalan hingga ke pengadilan. KPAI menilai apa yang dilakukan lebih kepada untuk meringankan hukuman atau kemudian bisa saja untuk terkait pencabutan laporan," kata Elvina.

Baca juga: Anak Anggota DPRD Bekasi Mau Nikahi Gadis yang Diperkosanya, Komnas Perempuan Sebut Itu Pemaksaan

Kuasa hukum tersangka, Bambang Sunaryo, sebelumnya mengungkapkan bahwa rencana untuk menikahkan AT dengan PU tidak akan menghentikan proses hukum yang sedang berjalan.

"Saya berharap ini AT dan PU ini bisa kita nikahkan, kita urus ya walaupun proses hukum tetap berjalan. barangkali bisa untuk meringankan karena ini sudah terjadi," ujar Bambang, Minggu (23/5/2021), dilansir dari Tribun Jakarta.

Niatan tersebut, Bambang melanjutkan, belum disampaikan secara langsung ke pihak keluarga PU.

Baca juga: Pemkot Bekasi Diminta Tangani Pemulihan Psikis Remaja Korban Pemerkosaan Anak Anggota DPRD

Dia pun berharap keluarga korban bersedia bertemu dan membahas kemungkinan pernikahan tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.