Kompas.com - 28/06/2021, 20:45 WIB
Penulis Djati Waluyo
|

BEKASI, KOMPAS.com - Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Bekasi kekurangan stok darah.

Petugas Bagian Pelayanan Donor Darah UTD PMI Kota Bekasi, dr Amri, menjelaskan, stok darah yang tersedia makin menipis karena pandemi Covid-19.

"(Stok darah) cenderung menurun akibat lonjakan Covid-19. Para donor sudah mulai menurun datang ke kantor PMI untuk mendonasikan darahnya," ujar Amri kepada Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Bima Arya: Bogor Ada di Fase Darurat Covid-19, Faskes Nyaris Lumpuh

Amri berujar, selain berkurangnya donor yang datang, beberapa instansi yang akan menyelenggarakan kegiatan donasi darah mendadak membatalkan agenda tersebut.

"Sudah tiga instansi di bulan ini. Dan di bulan depan juga ada beberapa instansi yang batal," ujar dia.

Di sisi lain, Amri mengatakan, kebutuhan plasma konvalesen meningkat akibat lonjakan Covid-19. Amri mengajak seluruh penyintas Covid-19 untuk mendonasikan plasmanya.

Baca juga: Virus Corona Varian Delta Mengganas, Ditemukan 46 Kasus Transmisi Lokal di Jakarta, 22 di Bodetabek

"Saya imbau kepada seluruh penyintas Covid-19 untuk donasi plasmanya, untuk membantu teman-teman yang Covid-19, membantu menanggulangi Covid-19 di negara kita," ungkap dia.

Amri juga mengungkapkan bahwa permintaan plasma darah meningkat cukup tinggi.

"Permintaan plasma yang melonjak hampir 50 persen dari biasanya. Antrean permintaan bisa sampai 30-40 pasien per hari," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.