Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Bantuan Beras yang Diterima Warga Buruk, Bulog: Akan Segera Diganti yang Baru

Kompas.com - 09/08/2021, 20:22 WIB
Sonya Teresa Debora,
Jessi Carina

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) mengatakan akan segera mengganti beras bantuan yang diterima warga Kelurahan Angke, Tambora, Jakarta Barat dengan beras baru yang kualitasnya lebih baik.

Pasalnya, sejumlah warga RW 03 Kelurahan Angke mengeluhkan kualitas beras bantuan yang diterima dari Kementerian Sosial pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Kami bekerja betul-betul untuk membantu rakyat dan tidak ada kepentingan yang lain. Titik. Itu saja perjuangan Bulog. Kami berfokus pada solusi untuk menyelesaiakan masalah. Beras yang rusak segera diganti dengan beras baru dan berkualitas baik,” kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dalam keterangan resmi Senin (9/8/2021).

Baca juga: Warga Kelurahan Angke Keluhkan Kualitas Beras Bantuan Kemensos: Banyak Batu, Kutu, dan Agak Kuning

Penggantian beras, dikatakan Budi, akan dilakukan dalam jangka waktu 1x24 jam.

"Tim lapangan kami selalu berupaya merespon cepat semua insiden yang terjadi dan melakukan pergatian beras dalam 1x24 jam," kata Budi.

Untuk menanggulangi kasus kurang baiknya kualitas beras yang diterima warga, Budi mengaku telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Kementerian Sosial, selaku pemberi tugas; PT Pos Indonesia, selaku transporter; pemerintah daerah; aparat kepolisian dan TNI; serta Satgas Pangan.

Budi mengatakan bahwa proram bantuan beras yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial dan Bulog ini dilakukan sebaik-baiknya agar berjalan baik, lancar, serta tepat kualitas dan waktu.

Baca juga: Mensos Risma: Kualitas Beras Bantuan Kurang Memuaskan Bisa Langsung Diganti Baru

"Tidak ada niatan dari Perum Bulog sama sekali untuk mengecewakan warga penerima bantuan beras PPKM. Sama sekali tidak pernah terlintas,” ungkapnya.

Budi mengungkapkan, realisasi penyaluran bantuan beras selama PPKM tahap I dengan jumlah 2 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hampir mencapai 100 persen.

"Sebagian besar Kabupaten/Kota sudah rampung mendistribusikan dan sisanya diperkirakan 1-2 hari ini akan selesai semuanya," kata Budi.

Sebelumnya, sejumlah warga RW 3, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, mengeluhkan kualitas beras bantuan yang mereka terima dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Berasnya agak kuning sama banyak batunya," kata Novi , warga RW 3, kepada wartawan Senin.

Ketika beras hendak memasak, Novi harus mencampur beras bantuan tersebut dengan beras berkualitas lebih baik yang dia miliki.

Hal yang sama dirasakan warga lainnya, Haji Weli (65).

"Iya berkutu. Banyak (kutunya) makanya dijemur dulu biar kutu keluar," kata Weli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com